Faktor penyebab bisul

AM Info Penanya: AM, Pria, 2019 Tahun
Dok..sy mmpunyai bisul di pantat sdah lama..kadang sembuh kadang jg kembali lg...mngkin faktor alergi makanan..krn biasa.y hbis mkan telur..mie..atau bakso..tiba" kmbali lg....solusi.y gimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, AM

Bisul pada kulit biasanya disebabkan infeksi. Bisul akan terasa nyeri, kulit disekitarnya akan tampak kemerahan. Didalamnya terisi oleh bakteri, nanah dan jaringan.

Bisul bisa timbul dimana saja, paling sering di ketiak, di sekitar anus dan pantat, dan area sekitar organ genital. Pengobatannya selain memerlukan antibiotik, bisul perlu dibuka dan dikeluarkan nanahnya.

Hal yang bisa anda lakukan :

- bisul kecil dengan ukuran kurang dari 1 cm, gunakan kompres air hangat selama 30 menit 4x sehari. Kompres hangat dapat membantu pengeluaran isi bisul.

- Jangan menekan atau memencet bisul karena isi bisul yang terinfeksi dapat masuk ke jaringan yang lebih dalam.

- Jangan menusuk dengan jarum atau benda tajam karena dapat melukai pembuluh darah dan menyebarkan infeksinya ke bagian tubuh lain.

Bila keluhan tidak membaik dan disertai demam, sebaiknya konsultasikan dengan Dokter untuk penanganan selanjutnya.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cacar air dewasa muncul berawal dari bintik merah di wajah dan dada.

Cacar Air Dewasa Bisa Lebih Berbahaya, Ini Sebabnya

Cacar air identik sebagai penyakit yang kerap dialami anak-anak. Namun, orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan tidak menerima vaksin berpotensi untuk mengalaminya. Gejala cacar air dewasa berbeda dengan cacar air anak-anak. Biasanya, demam tinggi disertai nyeri dan sakit kepala akan muncul satu atau dua hari sebelum ruam merah timbul. Selain itu, nafsu makan akan menurun dan tubuh terasa lemas. Cacar air dewasa juga berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, seperti infeksi kulit