Fakta penyembuh virus corona dengan bawang.

SM Info Penanya: SM, Wanita, 22 Tahun
selamat malam dok, saya mau tanya barusan saya mendapat broadcast dari salah satu grup yang isinya :"Kabar baik!!! Virus Corona Wuhan dapat disembuhkan dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Dokter Tiongkok membuktikan keefektifannya. Banyak pasien juga telah terbukti efektif sembuh, RESEP: Ambil 8 siung bawang putih dipotong kecil2, tambahkan 7 gelas air dan didihkan. Minum airnya. Sembuh dalam waktu semalam"Apakah hal tersebut benar? mohon bantuannya dok. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SM,

Corona adalah salah satu pandemi akibat infeksi virus yang saat ini sedang dihadapi seluruh dunia akibat virus corona atau yang disebut dengan COVID 19. Penularannya sangat cepat dengan angka kematian saat ini mencapai 9%.

Banyak beredar cara-cara pencegahan penularan virus corona dengan menggunakan berbagai macam bahan alami seperti bawang putih, jahe, temulawak, dll. Bahan-bahan tersebut memang memiliki khasiat sebagai anti radang, antibiotik alami, meningkatkan napsu makan, dan hal-hal baik lainnya. Namun sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa bahan-bahan alami tersebut khususnya bawang putih dapat secara spesifik mencegah atau menyembuhkan virus corona.

Saat ini pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan cara :

  • Perbanyak makan, minum, dan tidur secara teratur jangan bergadang untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Banyak makan protein, sayur dan buah.
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 30 detik. Bila sedang akitivitas diluar rumah rutin pakai hand sanitizer bila kondisi tidak memungkinkan cuci tangan dengan sabun.
  • Hindari kebiasaan menyentuh area wajah, terutama mulut, hidung, dan mata.
  • Gunakan masker bila sedang aktivitas diluar rumah, terutama bila Anda sedang batuk pilek.
  • Batasi kegiatan di luar rumah. Sebisa mungkin diam di dalam rumah kecuali ada keperluan mendesak. Terapkan perilaku social distancing.
  • Jaga jarak dengan orang lain, minimal 1 meter.
  • Lakukan olahraga ringan rutin 30 menit setiap hari untuk meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Biasakan etika batuk yang benar dengan cara menutup saat batuk atau bersin menggunakan tissue atau lengan baju bagian dalam, jangan menutup menggunakan telapak tangan langsung.
  • Bila ada gejala sakit ringan misal batuk, pilek, diare, mual usahakan minum obat-obatan yang dijual bebas untuk meringankannya sebelum ke dokter.

Lakukan pemeriksaan ke dokter atau Rumah Sakit bila gejala penyakit semakin berat, ada demam, batuk, pilek, sesak napas yang tidak membaik dengan pengobatan rumahan.

Semoga sehat selalu.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SM
24 Mar 2020, 09:23
Terimakasih dokter atas penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Mar 2020, 13:10
Sama-sama, semoga sehat selalu.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hati-hati, super spreader tidak menunjukkan gejala virus corona pada awalnya.

Mengenal "Super spreader" dan Kemampuannya Menularkan Virus Corona dengan Cepat dan Mudah

Beberapa pasien virus corona (Covid-19) disebut sebagai super spreader karena dianggap mampu menularkan virus itu dengan cepat dan mudah. Apakah ada ciri-cirinya?