Fakta corona bisa hidup diudara, benarkah?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok, apa sudah valid kalau corona bisa hidup diudara? Berarti bahaya banget dong dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Virus corona adalah virus yang menyebabkan gangguan pernapasan dan sedang menjadi pandemik saat ini di dunia. Penyebaran virus ini sangat cepat sekali karena bisa menular dari manusia ke manusia.

Penularan virus ini lewat droplets (percikan batuk, bersin, ludah) dari penderita ke orang yang sehat. Menurut WHO, virus corona tidak bisa bertahan lama di udara karena tergantung dari faktor kelembaban dan suhu di lingkungan. Jadi, penularannya tidak bisa lewat udara. Hanya bisa lewat droplets yang menempel di kulit orang yang sehat dan juga  benda-benda di sekelilingnya.

Untuk itu, pemerintah menganjurkan untuk melakukan physical distancing agar penularan virus ini terhentikan. Selain itu, langkah pencegahan yang lain adalah dengan rajin mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir dipercaya mampu mencegah terinfeksi virus corona. Anda juga perlu tahu bagaimana langkah-langkah mencuci tangan yang baik lewat artikel berikut ini. Sehingga, Anda tidak tertular dan menularkan virus ke orang-orang sekitar Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Avigan favipiravir dikabarkan efektif menangani infeksi corona

Avigan Favipiravir, Obat yang Dianggap Efektif Menangani Corona

Avigan memiliki zat aktif bernama Favipiravir yang dilaporkan Cina dapat bekerja efektif mengatasi infeksi corona. Obat ini disebut dapat membantu menyembuhkan pasien