Sesak napas, batuk berdahak, dan flu, apakah corona?

MY Info Penanya: MY
Hallo dok saya mengalami sesak nafas batuk berdahak dan flu dok apakah saya terinfeksi firus corona dok....?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MY.

Virus corona adalah penyebab dari penyakit COVID-19 yang saat ini sedang menjadi pandemi di hampir seluruh negara dunia, termasuk Indonesia. Sudah seratus ribu lebih orang yang terinfeksi virus ini per tanggal 31 Juli 2020, dan sekitar lima ribu jiwa telah meninggal dunia. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dari percikan dahak atau bersin penderita.

Penderita COVID-19 pada umumnya akan mengalami demam di atas 38 derajat celcius, yang disertai dengan batuk dan sesak napas. Tetapi, manifestasi gejala ini tidak dialami oleh semua orang. Pada orang dengan kekebalan tubuh kuat, gejalanya bisa lebih ringan, bahkan tanpa gejala. Sedangkan pada orang dengan kekebalan tubuh lemah atau memiliki penyakit bawaan, gejala bisa berat bahkan gagal napas.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, perlu diketahui dulu apakah Anda memiliki kontak dengan penderita, atau tinggal di zona merah. Jika iya, bisa saja Anda terinfeksi virus tersebut; tetapi jika tidak, bisa saja itu disebabkan oleh penyakit lain seperti infeksi saluran pernapasan atas, pneumonia, ataupun kondisi alergi seperti asma.

Untuk sementara, dianjurkan agar Anda melakukan karantina mandiri di rumah, dan jangan keluar rumah kecuali sangat diperlukan. Beberapa hal yang Anda dapat lakukan saat karantina mandiri adalah:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti lemon, kiwi, atau jeruk; atau suplementasi jika dibutuhkan
  • Minum air putih yang cukup
  • Berjemur matahari 15-30 menit perhari
  • Tidur cukup 7-9 jam
  • Beraktivitas fisik atau berolahraga ringan 30 menit perhari
  • Mengendalikan tingkat stres

Dengan melakukan hal-hal di atas, diharapkan sistem kekebalan tubuh akan meningkat, dan tubuh akan mampu melawan virus yang masuk. Tetapi, apabila terjadi perburukan gejala seperti sesak napas hebat, sebaiknya segera hubungi 119 ext 9 atau fasilitas kesehatan terdekat, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MY
01 Aug 2020, 13:41
Iya dok kebetulan saya memang mempunyai penyakit gejala asma dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 Aug 2020, 08:20
Selamat pagi, MY
Apabila keluhan sesak dirasa semakin memberat, sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat. Tetap konsumsi makanan bergizi, gunakan masker, dan hindari bepergian bila dirasa tidak diperlukan.
Terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan dbd dan corona cenderung tidak kentara

Perbedaan DBD dan Corona Tak Kentara, Awas Salah Diagnosa

Perbedaan DBD dan corona memang sulit dilihat, terutama jika ketika penyakit masih ringan. Perbedaan biasanya baru terlihat apabila tes laboratorium sudah dilakukan.