Ereksi tidak terlalu keras, bagaimana solusinya ?

H Info Penanya: H
Dok maaf mau menanyakan. Saya tidak sengaja memencet telur penis sehingga rasanya seperti menjalan dampi ke perut. Setalh diperiksa mandiri telur masih tetap 2. Namun tiap kali ereksi tidak sekeras seperti timun lagi seperti yang sebelumnya dan menjadi mudah lemas, keras pun tidak sekeras timun. Bagaimana dok solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, H.

Ereksi merupakan suatu proses kompleks yang dihasilkan dari kombinasi mekanisme fisik yang melibatkan sistem saraf, pembuluh darah, hormon hingga otot dengan mekanisme psikologis atau mental. Sehingga apabila terjadi gangguan pada ereksi atau yang dikenal juga dengan istilah disfungsi ereksi dan impotensi, terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi pemicunya.

Beberapa faktor pemicu tersebut, antara lainnya ialah :

  • pola makan dan gaya hidup tidak sehat
  • obesitas
  • kurang asupan vitamin D
  • gaya hidup yang kurang baik, seperti penyalah gunaan alkool dan merokok
  • kadar hormon testosteron yang kurang
  • efek semosional seperti stres dan kecemasan
  • menderita penyakit kronis tertentu
  • konsumsi obat-obatan tertentu

Mengenai keadaan ereksi tidak terlalu keras yang Anda alami mungkin tidak berhubungan dengan riwayat memencet testis, karena testis umumnya tidak dapat masuk ke dalam perut pada usia yang sudah remaja atau bahkan dewasa. Kemungkinan keadaan yang Anda alami dipicu oleh salah satu faktor diatas. Namun, demikian untuk memstikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli yakni dokter Spesialis Andrologi ataupun dokter Spesialis Urologi. Adapun jika pemicunya adalah faktor psikologis, mungkin akan membutuhkan bantuan Psikolog.

Untuk sementara perbaikilah gaya hidup Anda dengan berolah raga dengan teratur, mencukupi kebutuhan tidur malam Anda (7-8 jam/hari di jam yang tepat, maksimal jam 10 malam mulai tidur), hindari rokok dan alkohol serta berjemur untuk mendapatkan manfaat vitamin D.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Disfungsi seksual bisa dipicu oleh obesitas dan hipertensi

Sebenarnya, Apa Saja Penyebab Disfungsi Ereksi dan Obatnya?

Disfungsi ereksi atau impotensi menyebabkan seorang pria kesulitan mencapai dan mempertahankan ereksi dalam hubungan seksual. Salah satu cara pengobatan disfungsi ereksi adalah prosedur pembedahan.