Epilepsi apakah tidak bisa sembuh ?

SM Info Penanya: SM, Wanita, 22 Tahun
Saya di diagnosa epilepsi lalu sudah hampir 2th tdk kambuh baru tadi saya kambuh lagi apa epilepsi tdk bisa sembuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SM.

Epilepsi adalah penyakit dengan gangguan yang terletak pada sistem saraf pusat yang membuat aktivitas otak menjadi abnormal dan mengakibatkan beberapa gejala khas seperti kejang, perilaku yang tidak biasa, serta kehilangan kesadaran.

Gejala utama epilepsi adalah kejang, namun, perlu setidaknya dua kali kejang spontan atau kejang berulang untuk dapat mendiagnosis epilepsi. Kejang pada epilepsi sendiri dapat terjadi dalam berbagai jenis.

Beberapa jenis dan tipe kejang pada epilepsi meliputi :

  • kejang fokal atau parsial
    • kejang sebagian sederhana
    • kejang sebagian kompleks
  • kejang umum
    • kejang absence
    • kejang tonik
    • kejang atonik
    • kejang klonik
    • kejang mio-klonik
    • kejang tonik-klonik

Hingga saat ini, epilepsi belum dapat diketahui dengan jelas penyebabnya. Namun, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat risiko kejadian epilepsi, seperti usia muda, adanya riwayat keluarg, adanya riwayat cedera kepala, adanya riwayat kejang saat kecil dan lain-lainnya.

Terkait dengan pertanyaan Anda, kesembuhan epilepsi umumnya memang tidak dapat seratus persen. Faktor yang berperan pada keberhasilan terapi ditentukan oleh derajat keparahan penyakit sebelum terapi, terapi yang tepat dan kepatuhan dalam menjalani terapi. Beberapa kasus berat dapat memerlukan perawatan seumur hidup untuk mengontrol kekambuhan gejala kejang pada epilepsi. Adapun kasus yang gejalanya dapat menghilang seiring berjalannya waktu, sehingga pengobatannyapun sewaktu-waktu dapat dihentikan.

Untuk gejala kekambuhan yang Anda alami saat ini, ada baiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter Spesialis Saraf, agar segera mendapatkan terapi yang terbaik.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kejang pada bayi baru lahir dapat menyebabkan cedera otak yang berujung pada kecacatan

Kejang Memicu Cedera Otak Bayi Jangka Panjang, Benarkah?

Cedera otak bayi bisa terjadi akibat kejang yang terjadi saat bayi baru beberapa saat terlahir ke dunia. Biasanya kejang pada bayi terjadi karena kurangnya asupan oksigen pada pembuluh darah saat persalinan terjadi.