Apakah penyebab dari ejakulasi dini?

SA Info Penanya: SA
Punya saya kok gak bisa berkembang kenapa ya dok dan ukuranyapun jauh di bawah setandar pria pada umumnya.dan pas hubungan pun gak pernah lama paling 1.atau.2 menit sudah di puncaknya itu faktor apa ya dok apa kah ini bisa di obati..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Ejakulasi dini adalah suatu kondisi dimana ejakluasi (keluarnya sperma/air mani) lebih cepat dari yang diharapkan. Kondisi ejakulasi dini ini dapat dialami pria mulai dari usia 18 - 59 tahun. Gejala yang muncul adalah ketidak mampuan seseorang dalam menahan ejakluasi lebih dari 1 menit setelah terjadi penetrasi seksual maupun saat masturbasi. Berdasarkan gejalanya ini, ejakulasi dini dibagi menjadi 2, yaitu ejakulasi dini primer (sejak pertama kali berhubungan seksual sampai seterusnya) dan ejakulasi dini sekunder (hanya saat ini mengalami ejakulasi dini, sebelumnya normal).

Adapun beberapa penyebab dari ejakulasi dini adalah:

  • Stres
  • Kelelahan
  • Gangguan hormon
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Adanya peradangan atau penyakit pada organ reproduksi pria

Terkait dengen pertanyaan Anda, ukuran dari penis tergantung dari postur tubuh seseorang, status gizi seseorang dan juga keturunan. Perlu dipastikan bahwa ukuran dari penis tidak berpengaruh pada kesuburan. Yang berpengaruh adalah kualitas dari sperma yang dihasilkan oleh tubuh Anda. 

Bila keluhan yang Anda rasakan ini dirasa menggangu, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis Andrologi terdekat. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan, konsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit pada penis dapat menyebabkan kemandulan hingga disfungsi ereksi

3 Penyakit Penis yang Mengancam Mr. P

Priapismus, parafimosis, dan trauma penis adalah penyakit penis yang membutuhkan perawat segera karena dapat menyebabkan kemandulan, hingga disfungsi ereksi.