Endometriosis menyebabkan gangguan kesuburan.

L Info Penanya: L, Wanita
Halo, dok. Saya terkena penyakit endometriosis, saya baru saja berumah tangga. Saya sering mengalami nyeri saat berhubungan seksual. Selain itu, saya sering mengalami sakit haid yang luar biasa di daerah perut hingga paha di hari pertama dan kedua, dok. Apakah penyakit ini memungkinkan saya tidak bisa memiliki keturunan dok? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Endometriosis merupakan kelainan pada wanita dimana ditemukan jaringan rahim di lain tempat selain rahim, hal ini akan menyebabkan keluhan nyeri perut bawah ketika atau menjelang haid, muncul perdarahan atau nyeri setelah berhubungan seksual, hingga nyeri pinggang selama haid.

Menurut penelitian, sebanyak 30-50% penderita endometriosis juga mengalami gangguan kesuburan sehingga lebih sulit untuk memiliki anak, namun bukan berarti tidak bisa memiliki anak. Gangguan kesuburan ini bisa disebabkan oleh:

  1. Bila jaringan rahim tumbuh di indung telur atau saluran telur, maka akan mengganggu proses perpindahan telur.
  2. Adanya perasaan nyeri ketika berhubungan seksual, membuat wanita malas melakukan hubungan seksual.
  3. Pengobatan endometriosis berupa pil KB akan mencegah terjadinya kehamilan.

Namun Anda jangan berkecil hati, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk penanganan endometriosis dan perihal keinginan Anda memiliki momongan. Selain itu Anda juga bisa menjalankan pola hidup sehat seperti perbanyak konsumsi sayur, buah, ikan, olahraga secara teratur, serta kurangi stres untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui masa subur adalah salah satu cara cepat hamil yang perlu Anda lakukan

Berbagai Cara agar Cepat Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Kehamilan harus direncakan dengan matang. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan kehamilan, antara lain memahami siklus menstruasi dan masa ovulasi, menerapkan pola hidup sehat, dan frekuensi seks yang cukup.