Endometriosis apakah menyebabkan gangguan kesuburan?

T Info Penanya: T, Wanita, 21 Tahun
Hai dok, saya sering banget mengalami nyeri saat menstruasi, nyerinya seperti ditusuk-tusuk dan kadang saya tidak mampu beraktivitas. Beberapa minggu lalu saya periksa ke dokter dan ternyata saya terkena endometriosis. Saya kurang paham apa sih endometriosis itu dok? Apakah berpengaruh dengan kesuburan saya nantinya dok? Saya sementara ini meminum obat pereda nyeri dari dokter saja. Apakah ada obat lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Endometriosis adalah keadaan jaringan rahim (endometrium) yang tumbuh di tempat yang tidak seharusnya atau diluar rahim, seperti pada ovarium dan saluran telur. Saat haid, jaringan tersebut seharusnya luruh dan keluar melalui vagina. Namun pada jaringan yang tumbuh di luar rahim, karena tidak memiliki jalan keluar, maka dapat terjebak dan membentuk kista. 

Pada dasarnya penyabab endometriosis belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa teori yang diyakini menyebabkan enometriosis, yakni :
  • faktor genetik
  • kondisi menstruasi retrograde dimana lapisan rahim keluar lewat tuba falopi
  • adanya masalah dengan sistem kekebalan tubuh
  • sel endometrium yang menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui aliran darah

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang kesuburan, kondisi endometriosis ini memang dapat berdampak pada kesuburan karena mengakibatkan gangguan hormonal, memicu pembentukan jaringan parut, produksi zat peradangan yang berefek pada masa ovulasi dan implantasi sel telur. Sehingga menyebabkan sperma dan sel telur sulit bertemu. Maka dari itu, ketidaksuburan (infertilitas) merupakan komplikasi utama dari endometriosis.

Mengenai cara mengatasi endometriosis, untuk mengurangi gejala nyeri hebatnya, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter Anda. Dan terdapat berbagai alternatif terapi seperti :

  • obat hormonal
  • operasi pengangkatan jaringan endometriosis
  • operasi pengangkatan seluruh organ yang terkena endometriosis sebagai pilihan terakhir

Apabila Anda masih ragu, cobalah untuk mengonsultasikan kembali keluhan Anda pada dokter Spesialis Kandungan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kanker serviks umumnya baru akan muncul saat kanker mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya

Kenali Gejala Kanker Serviks Berikut Ini, Sebelum Terlambat

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang ditakuti wanita. Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan mengetahui beberapa gejala kanker serviks yang umum terjadi, misalnya perdarahandi luar masa menstruasi.