Apa yang dimaksud dengan kelenjar endokrin suprarenal?

A Info Penanya: A
Dok saya mau nanya endokrin supranatural menghasilkan hormon di...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Kelenjar endokrin suprarenal adalah kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi hormon pada tubuh. Kelenjar ini dikenal juga dengan istilah kelenjar adrenal. Lokasinya berada di atas ginjal kanan dan kiri dimana berfungsi terutama untuk memproduksi hormon aldosteron, kortisol dan gonadokortikoid.

Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda bagi tubuh seperti mengatur keseimbangna cairan tubuh, mengatur tekanan darah, kadar gula ataupun untuk mengatur hormon seksual. Selain itu juga pada bagian lain memiliki peran untuk mengatur hormon adrenalin dan norepinefrin yang berperan pada kondisi stres atau tekanan.

Jika mengalami kelainan maka bisa timbul gangguan hormonal pada tubuh yang bisa menimbulkan gejala seperti penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, kelemahan otot, kelelahan, gangguan pencernaan, gangguan tekanan darah, nyeri sendi, siklus haid, disfungsi seksual, gangguan kadar gula dan lainnya.

Gangguan sendiri bisa memicu kelebihan produksi hormon yang dikenal dengan sindrom cushing, penyakit addison jika ada kerusakan kelenjar, ataupun bisa terjadi adanya tumor di kelenjar adrenal yang bisa menggaggu hormonal tubuh. Jika kelainan timbul sejak lahir maka bisa dikenal dengan gangguan adrenal kongenital. 

Jika mengalami gangguan kelenjar, maka perlu periksakan pada dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan kondisinya agar diketahui pasti penyebabnya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan natrium bisa terjadi di berbagai kalangan, seperti atlit dengan intensitas aktivitas fisik yang tinggi

Kebanyakan Minum Air Ternyata Bisa Picu Tubuh Kekurangan Natrium

Mungkin kurang sering didengar, tapi kekurangan natrium bisa terjadi karena beragam hal. Beberapa penyebab kekurangan natrium tersebut adalah terlalu banyak minum air dan diare yang kronis.