Mood swing, bagaimakah cara untuk mengatasinya?

NA Info Penanya: NA
Malam dok, saya mau nanya kenapa mood saya sering sekali berubah-ubah, mudah marah-marah, mudah tersinggung,dan sering merasa kecewa, kadang juga takut tanpa sebab, tiba-tiba pengen nangis,Dan saya mudah sekali tersinggu dengan salah satu orang di rumah. Padahal hanya masalah sepele. Tetapi beberapa saat kemudian saya selalu menyesal kenapa saya bersikap seperti itu. Bagaimana mana cara mengatasinya dok? terimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Adanya perubahan suasana hati yang berlangsung secara cepat baik karena ada masalah yang mempengaruhi (misal sedang ada masalah pekerjaan) ataupun tanpa ada adanya masalah disebut dengan mood swing. Umumnya semua orang pasti pernah merasakan mood swing yang sesekali dirasakan dan tidak menggangu kehidupan sehari-hari. Namun, bila keluhan ini kerap kali muncul hingga menggangu aktifitas serta kehidupan sosial, maka perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya mood swing adalah adanya masalah hormonal, pola makan yang kurang baik dan dapat menyebabkan adanya gangguan pada sistem pencernaan, efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, adanya gangguan bipolar, adanya ADHD, dan adanya kondisi psikologis yang lainnya.

Terkait dengan keluhan Anda, apabila keluhan ini dirasakan sudah menggangu Anda dalam berinteraksi dengan orang lain sebaiknya segeralah periksakan ke dokter spesialis jiwa terdekat, agar mendapatkan konsultasi dan atau pengobatan bila diperlukan.

Adapun beberapa saran yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan makan makanan yang bergizi seimbang
  • Usahakan untuk beristirahat dan menghindari kelelahan dengan cara mengatur jam tidur Anda
  • Berusahalah berpikiran positif
  • Lakukanlah hobi dan atau meditasi seperti yoga, membaca buku, berolahraga dan lain sebagainya
  • Mencoba untuk lebih terbuka dengan bercerita kepada orang terdekat

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Psikosomatik akibat virus corona terjadi karena kecemasan yang berlebihan

Merasakan Gejala Mirip Virus Corona? Bisa Jadi Gejala Psikosomatik

Psikosomatik akibat virus corona mungkin saja terjadi di tengah pandemi global ini. Rasa khawatir atau cemas yang berlebihan adalah faktor utama yang memicu timbulnya perasaan tersebut.