Apakah ibu hamil boleh menggunakan krim pemutih?

ES Info Penanya: ES, Wanita, 21 Tahun
Dok mau tanya ibu hamil apa boleh pakai cream cmb glow
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ES,

Krim pemutih sering kali menawarkan dan menjanjikan mampu memutihkan dan mencerahkan kulit dalam waktu singkat, tetapi tidak jarang mengandung bahan berbahaya yang bisa mengancam kesehatan seperti memiliki kandungan merkuri dan hidroquinon dalam jumlah yang melebihi batas.

Jika suatu produk sudah terdaftar di BPOM memang bisa sudah tidak mengandung bahan yang berbahaya tetapi tidak jarang juga beredar kosmetik ada produk perawatan kulit yang palsu yang dikhawatirkan mengandung bahan berbahaya. Pada ibu hamil juga bisa mengancam kondisi janin. Untuk itu perlu lebih jeli menggunakan produk perawatan dan kosmetik pada ibu hamil.

Produk yang perlu dihindari dari produk perawatan adalah yang memiliki kandungan asam retinoat, retinol, tretionin, tazarotene, panretin, adapelene, avage, fabior, mercuri, hidroquinon dan lainnya. Jadi apabila produk krim tersebut mengandung bahan yang tidak aman ada baiknya tidak digunakan terutama pada masa kehamilan. Jadi selama masa kehamilan ini ada baiknya bisa juga berkonsultasi pada dokter kulit atau dokter kecantikan untuk produk perawatan yang dapat digunakan dan hindari memberi produk dari sumber yang tidak bisa dipastikan keasliannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski ibu hamil boleh makan daging kambing, tetapi hindari sate kambing karena tidak ada jaminan bagian dalam daging telah matang

Ibu Hamil Makan Daging Kambing? Boleh Saja, Kok!

Salah satu makanan yang dihindari oleh ibu semasa hamil adalah daging kambing. Bila bu hamil makan daging kambing, sebaiknya perhatikan betul apakah daging dimasak matang sempurna.