Ejakulasi di luar apa aman?

BH Info Penanya: BH, Pria, 1 Tahun
Apakah ejakulasi diluar selagi gada yang masuk msh aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam BH,

Ejakulasi di luar vagina memang mengurangi kemungkinan untuk terjadinya kehamilan, namun perlu dipahami bahwa cairan praejakulasi sudah mengandung sperma. Jadi selama penis penetrasi ke dalam vagina, tetap ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan.

Bila Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan, sebaiknya :

  • Gunakan kondom saat berhubungan seksual.
  • Lakukan hubungan seksual di luar masa subur pasangan Anda.
  • Sarankan pasangan Anda untuk menggunakan KB seperti pil KB, suntik KB, atau pemasangan IUD atau implan.

Perlu diketahui meskipun sudah menggunakan KB, tetap ada risiko kegagalan dan terjadi kehamilan sekitar 1-5%, sehingga Anda perlu tetap waspada.

Bila yang Anda maksud aman dalam hal penyakit menular seksual, maka tetap ada risiko terinfeksi penyakit menular seksual bila tidak menggunakan kondom.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
03 May 2020, 11:03
Dok saya mau nanya, Saya seks dengan istri, istri saya selesai haid tgl 14 , lalu saya seks tgl 24 , 3-4 hari kemudian tgl 27 istri saya Mens, Apakah bisa hamil Dok, Tapi saya 2kali ejakulasi di luar vagina dok? Dan sudah 1minggu istri saya mens, apa bisa hamil dok, tidak ya???? Makasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 May 2020, 19:29
Hi, AR.
Tidak akan terjadi kehamilan karena istri Anda sudah 2x mens sejak terakhir kali Anda melakukan hubungan badan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.