Ejakulasi dini

S Info Penanya: S, Wanita, 26 Tahun
Halo dok, saya mau bertanya, bagaimana caranya mengatasi ejakulasi dini, saat berhubungan intim,, ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore S,

Ejakulasi dini adalah kondisi dimana ketidakmampuan mengontrol ejakulasi sehingga terjadi dalam waktu singkat tidak sesuai dengan keinginan. Berdasarkan Journal of Sexual Medicine, yang disebut ejakulasi dini adalah yang terjadi dalam waktu kurang dari dua menit saat senggama. Pada umumnya ejakulasi dapat ditahan sampai tujuh menit atau lebih setelah senggama.

Penyebab ejakulasi dini:

1. Aspek psikologis seperti adanya konflik internal yang menganggu kondisi psikis, rasa takut, cemas, emosi tidak stabil.

2. Usia. Pada usia muda, kadar testoteron sangat tinggi dan kadar serotonin yang rendah didalam tubuh sehingga hasrat ejakulasi tinggi dan sulit untuk mengontrol.

3. Stamina atau kondisi tubuh kurang baik.

4. Masalah pada tiroid

5. Peradangan dan infeksi pada prostat atau uretra.

 

Pengobatan untuk ejakulasi dini sebagai berikut:

1. Pendekatan psikologis melalui konseling.

2. Pertahankan gaya hidup sehat dan tingkatkan olahraga.

3. Hindari rokok dan alkohol.

4. Perbaiki hubungan dengan pasangan.

5. Masturbasi saat satu atau dua jam sebelum hubungan seksual.

Jika dengan cara diatas tidak ada perbaikan, maka segera konsulkan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan antidepresan, antiansietas dan antipsikotik yang dapat membantu mengontrol ejakulasi.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Belum ada obat ejakulasi dini yang bisa langsung mengobati ejakulasi dini, tetapi terdapat beberapa obat yang bisa membantu mengurangi ejakulasi dini dan dampak ejakulasi dini terhadap kehidupan penderita

Sulit Menahan Ejakulasi? Ketahui Daftar Obat Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini merupakan masalah pada pria yang cukup umum terjadi. Namun, Anda tidak perlu malu karena terdapat beberapa obat ejakulasi dini yang bisa digunakan seperti analgesik, krim atau semprotan anestetik, dan sebagainya.