Ejakulasi di luar vagina, apakah menyebabkan kehamilan?

S Info Penanya: S, Wanita, 20 Tahun
Selamat malam dok, saya ingin bertanya apakah wanita yang masih perawan bisa hamil walaupun ketika ejakulasi tidak masuk kedalam lubang vagina sebatas nempel, dan cairan sperma hanya diluar daerah vagina nya.?, terus langsung dicuci apakah bisa menyebabkan kehamilan.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Kehamilan adalah proses bertemunya sel sperma pria dan sel telur wanita yang menjadi bakal janin. Kehamilan biasanya menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan oleh pasangan suami istri yang sudah menikah. Nah, ketika ejakulasi dilakukan tidak di dalam vagina, melainkan di dekat lubang vagina, kemungkinan untuk hamil tetap ada. Sperma dapat 'berenang' ke mulut vagina dan bertemu sel telur.

Ciri-ciri seorang wanita yang hamil di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Terlambat haid
  • Payudara membesar dan lebih sensitif
  • Ingin makan makanan tertentu (ngidam)
  • Perasaan yang mudah berubah-ubah (mood swing)
  • Mual dan muntah, terutama saat pagi hari

Anda dapat memeriksakan diri dengan melakukan test pack apabila sudah terlambat haid. Atau, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, agar dilakukan USG rahim.

Jika Anda dan pasangan Anda ingin menunda kehamilan, sebaiknya gunakan kontrasepsi, seperti pil, suntik, implan, ataupun IUD. Anda juga bisa menghitung kalender untuk menentukan masa subur, dan menghindari berhubungan seksual pada masa subur.

Jangan lupa, sebaiknya hanya lakukan hubungan seksual dengan pasangan resmi Anda, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penyakit menular seksual dan HIV.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil muda, calon ibu harus benar-benar memperhatikan pola hidupnya

8 Tips Hamil Muda yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Trimester pertama kehamilan seringkali membuat calon ibu was-was, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon ibu. Dari mengatur jadwal konsultasi dengan bidan hingga pola makan yang sehat perlu diperhatikan oleh ibu yang sedang hamil muda.