Ejakulasi di luar vagina, apakah dapat menyebabkan kehamilan?

A Info Penanya: A
Saat sperma mengenai “mons pubis” (ini ceritanya ejakulasi luar) apakah dapat menyebabkan kehamilan? bulan kmarin (juli) saya mengalami ini tapi bebrpa hri kmdian saya tetap menstruasi. Namun bulan agustus ini hngga memasuki september sy blm jg menstruasi... mohon jawaban dan solusinya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bertemunya sel sperma pria dengan sel telur wanita (pembuahan) dapat menyebabkan kehamilan. Dengan kata lain, jika tidak ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur wanita maka tidak terjadi kehamilan. 

Secara normal, siklus mensruasi wanita berkisar pada 21 hari - 35 hari yang dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir sampai dengan hari pertama pada periode menstruasi berikutnya. Terlambatnya siklus menstruasi setelah melakukan hubungan seksual, dan terjadi pembuahan memang bisa disebabkan kehamilan. Namun, terdapat kondisi lain yang bisa mempengaruhui siklus menstruasi seorang wanita.

Kondisi yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita diantaranya:

  • Adanya gangguan hormonal
  • Keadaan emosi (stres)  dan juga kondisi fisik yang kelelahan 
  • Memiliki berat badan yang tidak ideal
  • PCOS
  • Adanya gangguan pada organ reproduksi wanita
  • Efek samping dari penggunaan KB dan juga obat-obatan tertentu

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila saat dilakukan hubungan seksual tidak dilakukan ejakulasi di dalam vagina dan tidak ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur maka tidak terjadi kehamilan. Namun, perlu diketahui juga bahwa 1 sel sperma yang berhasil bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan  dapat menyebabkan kehamilan. Sehingga, perlu dipastikan bahwa saat dilakukan ejakulasi tidak ada cairan sperma yang mengalir masuk kedalam vagina. 

Untuk dapat memastikan penyebab dari terlambatnya siklus menstruasi Anda, silakan lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Selain itu, Anda bisa melakukan beberapa saran agar siklus menstruasi lancar kembali.

Adapun beberapa saran agar siklus menstruasi lancar:

  • Hindari stres, berusaha mengelola emosi, dan beristirahat dengan cukup
  • Jaga berat badan ideal
  • Konsumsi makanan sehat bergizi, perbanyak sayur mayur dan buah buahan
  • Berolahraga dengan rutin

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.