Ejakulasi diluar apakah bisa hamil?

NB Info Penanya: NB, Wanita, 37 Tahun
Hallo dok, kemarin saya haid tgl 1 april dan berhubungan dengan suami di tgl 10 april, ejakulasi diluar, apakah bisa hamil dok??Mohon responnya🙏
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kehamilan merupakan proses bertemunya sperma dan ovum di saluran tuba falopi sehingga menyebabkan terbentuknya embrio yang akan semakin membesar dan membentuk janin. Kehamilan bisa terjadi jika pria melakukan ejakulasi dan mengeluarkan sperma di dalam vagina, sedangkan wanita sedang dalam masa subur. Masa subur seorang wanita yaitu 2 minggu setelah menstruasi. 

Jika Anda melakukan hubungan seksual dan suami Anda melakukan ejakulasi di laur vagina, maka kemungkinan untuk hamil sangat kecil karena tidak ada sperma yang masuk ke dalam vagina. Tetapi untuk memastikannya kembali, Anda bisa melakukan pemeriksaan testpack di bulan depan jika Anda mengalami keterlambatan haid selama 1 minggu. 

Jika Anda ingin menunda kehamilan dulu, saat berhubungan intim, Anda bisa menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom. Lalu, ketahui masa subur Anda. Usahakan untuk tidak berhubungan intim saat masa subur agar tidak terjadi kehamilan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi buah dan sayur dapat untuk mencegah anemia saat hamil 8 minggu

Hamil 8 Minggu, Bagaimana Perkembangan dan Perubahan yang Terjadi?

Saat memasuki usia hamil 8 minggu, janin mengalami pembentukan bagian tubuh dan perkembangan fungsi organ terutama pada detak jantung dan alat kelamin.