16 Nov 2021, 13:00Kandungan

Pakai kondom, apakah masih mungkin hamil?

IG
Info Penanya: IG0
Dokter jika melakukan ejakulasi di dlam vagina tetapi menggunakan kondom dan kondom tidak ada kebocoran apakah masih bisa memungkinkan terjadi kehamilan dok???
96 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat malam, IG.Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi non hormonal untuk mencegah terjadinya kehamilan. Efektivitas kondom dalam mencegah kehamilan pun tinggi yaitu 98%. Namun, masih banyak kasus terjadi kehamilan walaupun sudah mengenakan kondom. Hal ini dikarenakan kondom yang bocor. Lalu, apa saja penyebabnya?

Penyebab kondom bocor :

  • Menggunakan kondom yang kadaluwarsa
  • Membuka kemasan kondom dengan cara yang salah
  • Memakai ukuran kondom yang salah
  • Memakai kondom tanpa pelumas
  • Memakai kondom dengan pelumas yang salah
  • Penyimpanan kondom di tempat yang tidak aman
  • Cacat produksi akibat kesalahan dari pabrik
Bila yakin kondom tidak mengalami kebocoran dan penggunaan kondom telah benar, maka tidak terjadi kehamilan. Sebaiknya anda mengikuti instruki yang benar tentang cara penggunaan kondom yang benar, perhatikan kembali tanggal kadaluwarsa kondom sebelum menggunakannya, dan pastikan ukuran kondom yang dipakai sesuai dengan kemaluan. Perhatikan pula penyimpanan kondom yang aman, serta pemilihan penggunaan pelumas yang baik untuk kondom tersebut.Bila pasangan anda mengalami telat menstruasi dan tanda kehamilan, lakukan pemeriksaan test pack untuk memastikannya. Atau dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG.Anda juga dapat membaca forum tentang kondom dibawah ini :Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
hubungan sekshamilpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil