Efektivitas obat jika diminium dibawah 24 jam

SU Info Penanya: SU
Apakah postinor tetap efektif jika melakukan hubungan pasa masa subur(ejakulasi di luar) ? Dan Di minum dibawah 24jam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Jika diluar masa ovulasi atau diluar masa subur, peluang untuk hamil tidak sebesar ketika di masa subur. Apabila melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman dan terjadi penetrasi maka kemungkinan terjadi kehamilan bisa terjadi. 

Untuk KB darurat sendiri tetap efektif jika digunakan dibawah 72 jam baik masa subur ataupun tidak dan sebaiknya digunakan sesuai dosis dan anjuran, bisa periksakan diri terlebih dahulu pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dosisnya dan cara penggunaannya tepat. 

KB darurat sendiri baiknya tidak digunakan rutin, hanya untuk kasus-kasus tertentu saja. Untuk itu apabila belum siap hamil, atau masih ingin menundak memiliki momongan bisa menghindari melakukan hubungan seksual atau bisa gunakan kontrasepsi seperti kondom ataupun pil KB.

Apabila nantinya terjadi keterlambatan haid di siklus berikutnya, dapat coba memastikan apakah hamil atau tidak dengan melakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack.

Jika saat ini sudah menikah, bisa coba komunikasikan pada suami bagaimana rencana kedepannya, sehingga bisa melakukan perencanaan agar tidak cemas dan khawatir setiap berhubungan seksual dan setelahnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bercinta saat haid perlu dilakukan dengan cara yang benar

Ini yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Bercinta Saat Haid

Bercinta saat haid mungkin masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu bagi sebagian besar orang. Meski memiliki berbagai manfaat, ada pula sederet risiko yang patut diwaspadai mengenai berhubungan seks saat haid ini.