Efektifkan susu Appeton bisa menaikkan berat badan?

SL Info Penanya: SL
Dok saya mau tanya, badan saya kurus.. berat badan saya kira-kira 50 kg dengan tinggi 168 cm. Saya mau menambah berat badan supaya lebih ideal dok. Apa susu Appeton Weight Gain bisa menambahkan berat badan saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SL

Terima kasih atas pertanyanan Anda

Berat badan yang ideal adalah berat badan yang sesuai dengan proporsi tinggi tubuh. Untuk mengetahui berat badan ideal bisa dilakukan perhitungan Indeks Masa tubuh (IMT). Untuk menghitung IMT pastikan satuan berat badan dalam kilogram (kg) dan tinggi badan dalam satuan meter (m). Berat badan untuk orang Asia dikatakan normal (ideal) bila IMT berkisar anatara 18.5 - 22.9.  Rumus yang digunakan untuk menghitung IMT adalah

IMT = Berat badan (kg) : Tinggi badan (m) 2

Jikatinggi badan Anda 168 cm berat badan Anda harus berada minimal 53 kg dan maksimal 64 kg agar memiliki badan yang ideal. Pada dasarnya jika ingin menambah berat badan, sebaiknya memastikan asupan kalori yang didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi lebih banyak dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sehingga usahakan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi produk olahan susu.

Adapun beberapa saran untuk menaikan berat badan adalah:

  • Konsumsi karbohidrat berupa nasi, gandum utuh, pasta, ubi, dan lain lain
  • Konsumsi susu beserta produk olahannya
  • Konsumsi daging tanpa lemak, ikan salmon, telur dan lain sebagainya
  • Perbanyak sayur dan buah-buahan (alpukat, kacang panjang, kacang merah, kedelai, dan lain-lain)
  • Lakukan olahraga rutin
  • Istirahat cukup dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda

Selain itu Anda juga bisa emmeriksakan diri ke dokter spesialis gizi terdekat untuk diberikan beberapa pemeriksaan serta saran menu makanan yang cocok untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NI
17 Aug 2020, 22:34
Hallo dok saya Neshya Umur 14 tahun sata ingib bertanya pada gigi saya sya yang taring itu adalah gigi susu jika copot apakh bisa bertumbuh krna gigi sya sudah bagoyang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 Aug 2020, 22:27
Selamat malam NI,
Jika gigi susu tanggal, bisa berganti dengan gigi tetap. Untuk itu bisa coba minta diantar oleh orang tuanya memeriksakan kondisi gigi pada dokter gigi secara berkala ya, bisa tiap 6 bulan. Jika gigi susu belum tanggal bisa dilakukan tindakan agar berganti dengan gigi tetap. Tapi sebaiknya dipastikan dulu bahwa gigi tersebut bukan gigi tetap. Salam sehat.
Dibalas oleh NI
17 Aug 2020, 22:37
Tlong di balas dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tugas apoteker selain meracik obat adalah memastikan keamanan obat untuk dikonsumsi.

Memahami Tugas Apoteker dan Skill yang Harus Dimiliki

Tugas apoteker bukan hanya memberi obat, tapi juga menjawab pertanyaan pasien, terutama seputar dosis hingga efek samping penggunaan obat tersebut. Sejauh mana kewenangannya?