11 Dec 2019, 16:38Kandungan

Efektifkah habbatussauda mengatasi keputihan?

RZ
Info Penanya: RZ, Pria, 30 Tahun
Assalamulaikum wr wb dok, saya punya keluhan keputihan berwarna putih dan beraroma tidak sedap. Saya sudah mencoba menjaga kebersihan organ intim bahkan tidak membersihkan menggunakan sabun biasa melainkan pembersih kewanitaan, tetapi keputihan tetap datang. Akhirnya, saya ikut kajian salah satu ustadz yang juga dokter dan disarankan minum air habbatussauda (jintan hitam) ½ sampai 1 sdt, 2-3x/hari. Bagaimana menurut tanggapan medis? Apakah habbatussauda efektif mampu mengatasi keputihan?
58712 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, Waalikumusalam wr. wb. A.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Keputihan secara alami terdapat di daerah vagina dengan fungsi membersihkan, melembapkan dan memberikan efek proteksi terhadap iritasi maupun infeksi. Dengan kata lain, keputihan bersifat normal untuk dialami wanita. Namun, gangguan dan kelainan pada organ reproduksi dapat membuat keputihan menjadi tidak normal.Berikut ciri-ciri dari keputihan yang tidak normal :
  • Keputihan yang berwarna tertentu seperti kekuningan, abu-abu hingga kehijauan
  • Keputihan dengna tekstur yang tidak biasa sepeti berbusa atau terlalu cair
  • Keputihan yang sangat banyak beraroma tidak sedap hingga berbau busuk atau amis
  • Disertai gejala pada vagina seperti gatal, perih, sensasi terbakar hingga kebas 
Terkait dengan pertanyaan Anda, jintan hitam merupakan tanaman berbunga yang menghasilkan biji bernama Nigella sativa atau yang banyak dikenal dengan habbatussauda. Banyak tumbuh di benua Asia dan umumnya digunakan sebagai bumbu penyedap.

Habatussauda dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti :

  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi
  • Menstabilkan kadar gula dalam darah
  • Sebagai anti radang
  • Melawan infeksi 
  • Mencegah kanker
Mengenai efektivitasnya dalam mengatasi keputihan dalam sudut pandang medis, belum terdapat cukup penelitian yang khusus meneliti manfaat jintan hitam dalam mengobati keputihan, namun, kemampuan jintan hitam dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, dipercaya dapat melawan berbagai bentuk infeksi. Mengenai penggunaannya, sebaiknya dikonsultasikan kembali kepada dokter ahli herbal untuk memastikan ketepatannya.Namun demikian, penggunaan tanaman herbal tetap perlu dilakukan dengan cermat karena tetap dapat memberikan efek samping dan reaksinya dapat berbeda pada setiap individuBerikut beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh jintan hitam :
  • Reaksi alergi 
  • Peningkatan risiko perdarahan
  • Penurunan tekanan darah dan kadar gula darah dibawah normal
Hendaknya disamping mengonsumsi bahan alami, tetaplah menjaga kebersihan daerah kewanitaan, dengan membersihkan dari arah depan ke belakang, tidak perlu menggunakan pembersih khusus kewanitaan dan hindari pakaian dalam yang tidak menyerap keringat agar tidak lembap.Apabila keluhahan keputihan tidak kunjung membaik, ada baiknya Anda konsultasikan ke dokter Spesialis Kandungan.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
keputihanherbaltanaman obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil