Setelah suntik KB 3 bulan, kenapa ada bercak merah setelah berhubungan?

SZ Info Penanya: SZ, Wanita, 1 Tahun
Dok, saya mau tanya, sehabis suntik kb 3bulan,pada saat berhubungan dengan suami kok ada bercak merah ya, padahal dulu tidak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SZ,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB Suntik merupakan suatu metode kontrasepsi dengan cara menyuntikan hormon ke dalam tubuh. KB Suntik di kenal ada 2 macam, ada KB suntik 1 bulan yang mengandung kombinasi hormon progestin dan esterogen dan ada juga KB suntik 3 bulan yang mengandung hormon progestin.

Adapun kelebihan dari KB suntik 3 bulan :

  1. Efektif mencegah kehamilan
  2. Tidak mempengaruhi produksi ASI
  3. Tidak menyebabkan kemandulan

Beberapa efek samping penggunaan KB suntik 3 bulan :

  1. Perubahan siklus menstruasi
  2. Berat badan naik
  3. Dapat menurunkan gairah seks

Selain beberapa efek samping diatas KB suntik 3 bulan juga dapat menyebabkan perdarahan yang tidak teratur, mulai perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan bisa tidak mens.

Selain dari penyebab KB suntik, perdarahan setelah berhubungan juga di sebabkan beberapa alasan diantaranya peradangan pada serviks (leher rahim), polip serviks, infeksi menular seksual oleh klamidia, gonorhea dan trikomonas.

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut Anda tidak perlu khawatir karena mungkin perdarahan tesebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dll) Bila keluhan berlanjut sebaiknya Anda mengkonsultasikannya ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum melakukan perawatan spa vagina, pastikan kebersihan dan kehigienisan tempat spa

Spa Vagina Ternyata Belum Tentu Aman untuk Anda

Jika vagina bisa menjaga kadar pH-nya sendiri, untuk apa repot-repot melakukan perawatan spa vagina yang belum tentu aman? Sama seperti facial, perawatan ratus vagina boleh saja dilakukan asalkan tetap memerhatikan keamanan prosedur.