12 Feb 2021, 22:36Kandungan

Efek suntik kb 3 bulan?

NN
Info Penanya: NN, Wanita0
Assalamu'alaikum dok, saya kb suntik yang 3 bulan pas tanggal 14 Desember 2020, tanggal 20 januari haid, tanggal 05 Februari cuma ngeflek tapi sering sampai tanggal 10 Februari, terus setelah bersih dari flek melakukan hubungan tapi berdarah, itu kenapa yah? Apakah efek dari suntik Kb 3bulan?
360 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat malam NN,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.KB Suntik merupakan salah satu jenis KB yang sering digunakan di Indonesia. KB Suntik di Indonesia terbagi menjadi KB Suntik 1 bulan dan 3 bulan. KB Suntik bekerja dengan cara menipiskan dinding rahim agar jika ada sel telur yang dibuahi akan kesulitan untuk menempel di dinding rahim, mengentalkan dinding rahim sehingga jika ada sperma yang berusaha masuk akan kesulitan untuk menembusnya, dan mencegah sel telur keluar pada saat ovulasi.

Suntik KB memiliki beberapa manfaat :

  • Memiliki efektifias yang tinggi
  • Tidak perlu diminum setiap hari
  • Aman di minum untuk ibu menyusui

Beberapa efek samping suntik KB :

  • Menstruasi menjadi tidak teratur
  • Memicu kenaikan berat badan
  • Gangguan mood
  • Berisiko terkena osteoporosis
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk kembali ke siklus menstruasi normal
Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, keluhan flek yang terjadi bisa karena efek KB yang Anda alami. Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut adalah normal. Namun jika perdarahan yang terjadi semakin banyak disertai nyeri perut, sebaiknya lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kandungan melalui online chat, ataupun Anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan terdekat dari lokasi Anda.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil