Efek stres terhadap tubuh

ZY Info Penanya: ZY, Pria, 19 Tahun
Dok apakah stress itu berpengaruh fatal terhadap tubuh kita ?, dan mempengaruhi segala aktivitas tubuh kita termasuk hormon hormon ?, dan jika kita sering stress apa nular ke keturunan kita, apa saja yang menular lewat dna ?, masa stress juga menular, misalnya panikan anaknya juga ikut panikan, cara ngatasi biar gak nular ke anak cucu gimana ? Takut anak cucunya ngalami hal yang sama, soalnya yang saya alami ini hal yang aneh aneh dan gaib, akhirnya menyebabkan saya stress sendiri, takut nurun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Z.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Stres adalah suatu kondisi dimana seseorang menghadapi ancaman dan tekanan. Situasi ini bisa memicu respon tubuh seperti sesak nafas, detang jantung yang berdenyut cepat, tekanan darah meningkat, dan nyeri ulu hati. Penyebab dari stres itu sendiri yaitu tekanan batin, hubungan sosial, keuangan, dll. Gejala dari stres yaitu gejala emosi (suasana hati yang sedih, frustasi, gusar), gejala fisik (pusing, lemas, migrain), gejala kognitif (sulit fokus, sering lupa), gejala perilaku (tidak mau makan, merokok, menggigit kuku).

Pada umumnya, stres hampir dialami oleh setiap orang. Biasanya sifatnya hanya sementara saja, tetapi bisa juga menetap. Stres yang berkenpanjangan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari dan dapat membuat sistem daya tahan tubuh Anda menjadi turun. Stres bukanlah penyakit genetik. Jad, tidak akan menurun kepada anak cucu Anda. Akan tetapi, stres dapat membuat hubungan Anda dengan orang-orang terdekat Anda menjadi tidak baik. Untuk itu, alangkah baiknya jika stres Anda ini segera ditangani dengan tepat. Saya sarankan Anda berkonsultasi ke psikolog agar dapat diperiksa langsung dan diterapi dengan tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Histeria merupakan gejala psikosomatis yang akhirnya memunculkan gejala fisik seperti mudah marah

Mengenal Histeria dan Kaitannya dengan Mass Hysteria

Histeria dulu adalah gangguan mental yang berdiri secara sendiri. Namun, sekarang ini, histeria adalah salah satu gejala yang ditimbulkan oleh gangguan mental lainnya. Histeria bisa dialami oleh banyak orang dalam waktu dan tempat yang sama dan dikenal sebagai fenomena mass hysteria.