Efek samping telat minum obat tuberculosis

VV Info Penanya: VV, Wanita, 19 Tahun
Begini dok, saya diberitahu dokter menderita TBC. Saya sudah minum obat selama 4 bulan, tapi hari ini saya terlambat minum obat. Apakah TBC saya akan bertambah parah, Dok? Mohon penjelasan dari Dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu VS,

Penderita penyakit Tuberculosis atau TBC umumnya akan memerlukan pengobatan dengan OAT atau Obat Anti Tuberkulosis selama 6 sampai 9 bulan. Namun, bila penyakit yang diderita lebih parah, pengobatan akan diteruskan hingga 12 bulan.

Agar obat ini dapat bekerja dengan baik memang ketaatan pasien sangat diperlukan agar obat tetap diminum rutin setiap hari atau pengobatan akan dinyatakan gagal dan harus diulang kembali.

Maksud dari pemberian obat sesuai dosis contohnya tiga kali perhari adalah, bila obat diminum pagi hari,  saat efektifitas dalam darahnya menurun atau habis setelah waktu 8 jam, maka obat perlu diminum lagi untuk tetap mempertahankan efektifitas obat tersebut dalam darah.

Bila obat terlambat diminum, contohnya seharusnya setiap 8 jam sekali, namun karena telat baru diminum lebih dari 10 jam, hal ini tidak terlalu mengganggu efek obat asal obat tetap diminum, bila hal ini hanya terjadi sekali dalam sehari. Keterlambatan dalam bentuk seperti ini juga tidak akan memperparah penyakit yang diderita.

Keterlambatan minum obat akan menimbulkan masalah dan perlu dikhawatirkan apabila pengobatan yang seharusnya sampai 9 bulan namun dihentikan sebelum waktunya. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa kondisi seperti berikut:

  1. Timbulnya resistensi obat yaitu suatu kondisi kuman penyebab TBC menjadi kebal terhadap obat OAT sehingga TBC sulit untuk diobati
  2. Terjadinya penyebaran penyakit ke organ lainnya seperti kelenjar getah bening, kandungan, otak dan organ lainnya
  3. Menjadi sumber infeksi dan menularkan orang disekitarnya

Sebaiknya tetap minum obat dan menjaga kesehatan supaya cepat sembuh dan sehat seperti sedia kala. Anda juga perlu untuk mengonsultasikan hal ini kepada dokter yang merawat agar diberikan arahan yang sesuai dengan kondisi Anda. 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab bronkitis kronis yang paling utama adalah kebiasaan merokok

Mengenal Bronkitis Kronis: Gejala dan Penyebabnya

Bronkitis kronis adalah suatu kondisi serius dan dikategorikan ke dalam penyakit paru-paru obstruktif kronis, yang dapat mengganggu sirkulasi udara di paru-paru. Penyebab utama bronkitis kronis adalah merokok. Gejala bronkitis kronis yang dapat terlihat adalah demam, menggigil, kelelahan, nyeri dada, dan mengigil.