07 Aug 2021, 19:35Infeksi

Apakah pusing adalah efek samping vaksin ?

JW
Info Penanya: JW0
Saya abis di vaksin, kepala saya pusing apa boleh minum obat fasidol Paracetamol ?
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo J,Melakukan vaksin covid, artinya memasukkan virus corona yang sudah dimatikan ke dalam tubuh lewat suntikan. Setelah vaksin sangat wajar timbul beberapa gejala penyerta yang merupakan "efek samping" dari vaksin.

Keluhan Setelah Vaksin Covid-19

Sebutan untuk "efek samping" setelah vaksin adalah kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Beberapa keluhan yang umum terjadi pada kipi adalah
  • demam
  • pusing atau sakit kepala
  • badan ngilu dan pega pada area suntikkan
  • lemas
  • mual, muntah
  • diare
  • lapar
  • mengantuk
Untuk kelupah sakit kepala, pusing, dan pegal, Anda boleh konsumsi paracetamol 3x sehari setelah makan selama keluhan masih terasa. Umumnya KIPI dapat terjadi hingga 48 jam setelah vaksinasi. Selain itu penting untuk banyak isitrahat dan perbanyak makanan bergizi setelah vaksin agar pembentukkan kekebalan tubuh terhadap corona dapat terjadi dengan baik. Konsumsi multivitamin juga boleh dilakukan agar tubuh yang melemah post vaksin dapat cepat kembali segar dan lebih bugar dari sebelumnya. Jika KIPI berlangsung hingga lebih dari 3hari, lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil