Efek samping postinor apa?

GK Info Penanya: GK, Wanita, 1 Tahun
dok tanggal 22 - 26 agsts saya haid & tanggal 27 saya brhubungan dan tidak ejakulasi didalam. Besoknya tanggal 28 saya meminum postinor kurang dari 24 jam. Setelah itu saya merasakan pusing, kram perut dan nyeri pada payudara dan saya berfikir bahwa itu adalah efek samping dari obat tsb. Dihari ke 6 setelah meminum postinor saya keluar darah yang bukan berupa gumpalan, sampai barusan saya cek masih ada.Nah saya mau tanya dok sebenarnya darah itu terjadi karena apa? apakah efek samping postinor?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore GK,

Postinor adalah kontrasepsi darurat yang biasanya dipakai bila seseorang melewatkan jadwal suntik KB atau kelupaan meminum pil KB namun sudah terlanjur berhubungan seksual.

Perlu diketahui bahwa obat ini bukanlah obat penggugur kandungan, obat ini hanya mencegah proses pembuahan. Sehingga bila sebelumnya sudah terjadi pembuahan, maka akan tetap hamil seperti biasa. Obat ini idealnya diminum sebelum 72 jam setelah berhubungan seksual, makin cepat diminum akan semakin efektif hasilnya.

Seharusnya bila Anda haid tanggal 22-26 Agustus dan tanggal 27 Agustus sudah langsung berhubungan seksual, maka terjadinya kehamilan sangat kecil atau hampir tidak ada meski Anda tidak meminum postinor sekalipun. Karena tanggal 27 Agustus bukanlah masa subur Anda, sehingga kecil kemungkinan atau hampir tidak mungkin terjadi pembuahan.

Perihal berbagai keluhan yang Anda alami jelas efek samping obat yang Anda minum, jadi Anda tidak perlu cemas. Minum air putih yang banyak agar badan tidak lemas. Minum paracetamol bila keluhan nyeri dirasakan sangat mengganggu.

Dan pastikan gunakan KB bila Anda dan pasangan memang belum siap hamil, karena obat yang Anda minum tersebut tidak bisa digunakan setiap kali Anda selesai berhubungan seksual.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.