18 Sep 2021, 13:22Penyakit Lainnya

Efek samping pfizer vaksin

P
Info Penanya: P0
Dokter, dua hari lagi saya akan divaksin dan katanya jenis pfrizer. Banyak yang bilang kalau jenis vaksin ini lebih bagus dari yang lain. Apa saja kandungan dari vaksin pfrizer ini, Dok? Adakah efek samping dari pfrizer vaksin yang bisa saya waspadai?
154 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi PVaksinasi covid sangat dibutuhkan untuk membentuk kekebalan secara aktif terhadap infeksi virus covid19 yang sedang menjadi permasalahan di seluruh dunia. Dengan melakukan vaksinasi ini dapar menurunkan angka infeksi dan kematian dari herd immunity (kekebalan imunitas) yang terbentuk.

Pfizer Vaksin

Salah satu merek vaksin covid yang baru saja masuk ke Indonesia adalah vaksin Pfizer, buatan dari pabrik America yang bekerjasama dengan BioNTech dari Jerman. Vaksin Pfizer mengandung komponen genetik (mRNA) virus covid19 yang sudah dimatikan dengan efikasi vaksin tertinggi yang mencapai 95%.Untuk bisa mendapatkan vaksin Pfizer di Indonesia hanya bisa diwilayah Jabotabek saja dan diperuntukkan untuk usia di atas 12 tahun, belum pernah vaksin covid sama sekali dan memiliki komorbid, ibu hamil dan berKTP atau domisili sesuai wilayah vaksinasi. 

Efek Samping Pfizer Vaksin

Tentunya selesai vaksinasi bisa dirasakan berbagai efek samping atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Berbagai efek KIPI Pfizer yang sering dilaporkan yaitu:
  • Demam
  • Nyeri dan bengkak atau kemerahan tempat penyuntikkan
  • Nyeri otot dan sendi
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
Sedangkan efek yang sangat jarang terjadi adalah reaksi alergi atau hipersensitivitas terhadap komponen vaksin yang perlu diwaspadai. Untuk itu sebaiknya tetap diobservasi selama minimal 30 menit pasca menerima vaksinasi.

Mengatasi Efek Samping Pfizer Vaksin

Jika anda merasakan gejala-gejala KIPI maka berkonsultasilah ke dokter untuk cara penanganannya. Yang bisa dilakukan adalah dengan kompres es pada bagian yang nyeri, konsumsi paracetamol bila suhu di atas 38 derajat celcius dan beristirahat serta konsumsi makanan bergizi.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
infeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil