25 Sep 2020, 22:05Mata

efek samping operasi nevus dibagian mata

AR
Info Penanya: AR, Wanita, 15 Tahun
Dok, apakah setelah melakukan operasi nevus dibagian mata ada efek samping nya? kalau ada tolong jelaskan apa saja efek nya
367 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang AR,Nevus adalah istilah medis untuk tahi lalat. Seperti diketahui bahwa tahi lalat ini bisa tumbuh di mana saja akibat penumpukan pigmen melanosit yang tidak menyebar dengan baik. Dan adanya tahi lalat ini adalah hal yang wajar, karena setiap orang rata-rata memiliki tahi lalat sebanyak 10-40 buah di seluruh tubuhnya.

Perihal nevus di bagian mata ini dapat dibagi menjadi 3 jenis sesuai dengan lokasi tumbuhnya nevus yaitu:

  • Nevus konjungtiva. Akan tampak bintik kecokelatan pada bagian mata yang berwarna putih, sehingga akan tampak jelas meski hanya dilihat secara langsung.
  • Nevus iris. Nevus jenis ini hanya terlihat bila penderita memiliki warna iris yang terang. Bila irisnya berwarna gelap, maka perlu pemeriksaan lebih lanjut agar tampak.
  • Nevus koroid. Nevus ini hanya tampak saat dilakukan pemeriksaan mata oleh dokter mata karena letaknya di bawah retina.
Perihal kondisi Anda yang akan melakukan operasi pengangkatan nevus di bola mata, maka tentu saja perlu diketahui jenis nevus mana yang Anda alami. Bila Anda mengalami nevus konjunctiva maka efek samping yang muncul bisa saja berupa perdarahan dan iritasi mata. Sedangkan bila yang Anda alami adalah nevus jenis lain yang letaknya lebih ke dalam, maka bisa berisiko untuk terjadinya kebutaan.Lakukan konsultasi dengan beberapa dokter mata sebelum Anda melakukan tindakan operasi nevus pada mata untuk menghindari risikonya.Salam sehat,dr. Vina 
kesehatan matatahi lalatperdarahan mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil