26 May 2020, 06:03Penyakit Lainnya

Apa penyebab nyeri bahu?

MB
Info Penanya: MB0
Halo Dok.Saya menderita nyeri bahu/lengan lalu oleh dokter saya diberi suntikan tepat diarea yg nyeri tsb dan diberi obat pil utk diminum.Nyeri bahu besoknya langsung hilang, namun saya cegukan terus. Akhirnya saya stop minum pil tsb. Namun ada lagi yg saya rasakan, beberapa hari kemudian saya kok jadi susah ereksi dok. Apakah itu akibat obat nyeri tsb?Terima kasih.
16754 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat siang, MBK. Nyeri bahu merupakan rasa sakit pada bahu dan sekitarnya yang dapat berupa gangguan pada otot, tulang dan sendi bahu. Biasanya terjadi peradangan sehingga menyebabkan adanya gangguan pergerakan dan dapat menurunkan kualitas hidup.

Berikut ini merupakan penyebab dari nyeri pada bahu adalah sebagai berikut:

  • Rotator Cuff Tendinitis. Nyeri bahu muncul pada saat terjadinya peradangan pada tendon atau jaringan penghubung antara tulang dan otot yang mengelilingi bahu.
  • Bursitis. Peradangan dan pembengkakan pada bursa (bantalan tulang dan jaringan lunak) bahu.
  • Osteoartritis pada bahu. Pembengkakan maupun munculnya rasa kaku dan nyeri pada bahu.
  • Saraf terjepit. Gejala berupa rasa sakit hanya pada salah satu bagian bahu dan disertai nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum bukan berdenyut.
  • Adhesive Captulitis atau Frozem shoulder (bahu beku). Gejala berupa rasa kaku dan sakit saat digerakkan.
  • Dislokasi bahu. Kondisi dimana tulang lengan atas keluar dari soketnya
  • Kondisi medis tertentu misalnya serangan jantung.
Terkait pertanyaan Anda obat yang disuntikkan ataupun pil yang Anda minum kemungkinan golongan kortikosteroid yang merupakan obat untuk mengatasi peradangan. Obat ini memang dapat dengan cepat meredakan peradangan namun penggunaan obat ini perlu diawasi ketat oleh dokter, efek samping obat ini juga pada sebagian orang dapat menyebabkan cegukan. Untuk masalah sulit ereksi tidak ada kaitannya dengan obat ini, namun untuk memastikan Anda konsultasikan kembali ke dokter yang memeriksa dan memberi obat kepada Anda ya.Sementara Anda boleh menghentikan obatnya dan berkonsultasi kembali dengan dokter Anda. Kemudian jika nyeri Anda bisa mengompres bahu Anda dengan es batu dan mengistirahatkan bahu Anda, serta minum obat pereda nyeri dosis ringan seperti ibuprofen saja. Semoga bermanfaat.Salam sehat,  dr.Sri Wulantini 
nyeri sendipereda nyerinyeri otot
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil