12 Sep 2021, 08:30Penyakit Lainnya

Efek samping minum susu dicampur bawang putih

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, banyak bilang kalau minum susu dicampur bawang putih memiliki banyak khasiat. Apa benar? Tapi adakah efek samping minum susu dicampur bawang putih ?
496 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi FF,Susu adalah salah satu jenis minuman (biasanya berwarna putih). Umumnya, susu identik dengan produk dari mamalia seperti sapi atau kambing. Namun, saat ini, ada juga susu yang berasal dari produk nabati seperti susu almond, susu kedelai, serta susu oat. Apapun jenis susunya, minuman tersebut memiliki zat gizi yang bervariasi, sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat susu:
  • sebagai salah satu sumber energi saat beraktivitas
  • membantu memenuhi kebutuhan cairan, sehingga tetap terhidrasi
  • membantu menjaga kesehatan tulang 
  • membantu proses pembentukan otot
  • membantu proses recovery pasca berolahraga
Sedangkan bawang putih adalah salah satu jenis rempah yang seringkali digunakan dalam proses memasak. Bawang putih memiliki bau yang cukup tajam dan rasa yang gurih. Bawang putih juga mengandung berbagai zat gizi mikro, misalnya vitamin B6, vitamin C, dan mangan. Dengan kandungan tersebut, bawang putih dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh, dan meningkatkan sistem imunitas. Perlu diketahui juga kandungan lain bawang putih yaitu allicin, dapat berperan sebagai antiinflamasi (mengurangi peradangan dalam tubuh).

Bolehkah mengonsumsi susu dicampur bawang putih?

Terkait pertanyaan Anda, mengonsumsi susu dicampur dengan bawang putih memang memiliki berbagai manfaat, seperti yang telah diuraikan di atas. Tapi, memang ada kemungkinan efek samping yang harus diperhatikan ya. Berikut beberapa di antaranya:
  • reaksi alergi atau intoleransi, jika memiliki hipersensitivitas terhadap salah satu bahan tersebut
  • bau badan dan bau mulut, jika dikonsumsi berlebihan
  • gangguan pencernaan seperti mual, muntah, atau diare
Jika Anda mencoba mengonsumsi susu dicampur bawang putih, dan terjadi efek samping tersebut, segera hentikan dan periksakan kondisi kepada dokter spesialis penyakit dalam ya. Tapi, jika tidak ada reaksi apapun, justru membuat tubuh Anda semakin fit; maka Anda dapat mengonsumsinya setiap 2-3 hari sekali. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tips kesehatansusubawang putih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil