Efek samping memakan sering makan mie dalam waktu lama?

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Apa efek samping jika rajin memakan mie dalam waktu yang lama? Apakah Mudah lupa dan kondisi fisik lemah adalah juga termasuk efek sampingnya?Bagaimana solusi untuk mengatasi efek sampingnya karena terlanjur rajin makan mie dalam waktu yang lama?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HS.

Pada mie instan ada kandungan bumbu penyedap yang disebut MSG (Monosodium glutamate). Dikategorikan aman secara umum, namun penggunaannya masih kontroversial sehingga perlu dicantumkan pada label makanan. 

Penggunaan MSG sudah cukup lama, terutama pada makanan kalengan. Beberapa keluhan yang bisa terjadi karena MSG yaitu pusing, berkeringat, wajah tegang, kesemutan di wajah/leher, berdebar-debar, sakit dada, mual dan kelemahan anggota tubuh. Walaupun kaitannya secara langsung memerlukan pembuktian lebih lanjut. Dan kebanyakan gejala sifatnya jangka pendek.

Tetap saja dianjurkan agar tidak memakan mie instan terlalu banyak karena kandungan nutrisinya yang terbatas. Lebih baik menghindari penggunaan bumbu penyedap dan menjalani pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan menghindari stres.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu kelebihan diet vegan adalah menurunkan risiko penyakit kanker

Manfaat Diet Vegan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Diet vegan ternyata memiliki kemampuan mencegah risiko kematian dini dan berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. Diet vegan dipercaya lebih sehat, dibandingkan diet lain yang hanya mengandalkan daging sebagai menu utama.