Efek samping masker jeruk nipis bagi kulit sensitif

P Info Penanya: P, Wanita, 35 Tahun
Hi dokter, aku mau pakai masker yang mengecilkan pori-pori dan memutihkan. Beberapa teman merekomendasikakan memakai jeruk nipis karena katanya punya khasiat mencerahkan wajah, mengurangi bintik hitam dan mengurangi jerawat. Kulit aku kan jenisnya sensitif dok, setelah pemakaian masker jeruk nipis di area sekitar hidungku perih banget dok, tetapi di bagian wajah lainnya aman-aman aja dok. Emang bener dok, pemakaian jeruk nipis punya efek samping meskipun ini bahan alami?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, J.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Jeruk nipis merupakan buah yang memiliki banyak khasiat. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum, jeruk nipis juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, khususnya kulit wajah.

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis bagi wajah :
  • Memudarkan tanda-tanda penuaan seperti noda hitem dan ketiput
  • Mencegah dan mengobati jerawat
  • Mengencangkan pori-pori
  • Meremajakan kulit wajah

Kendati demikian keamanan dan keefektifan bahan alami seperti jeruk nipis ini masih membutuhkan riset yang lebih luas agar hasilnya dapat lebih akurat. Jeruk nipis pun dapat memberikan efek samping tertentu apabila digunakan dengan cara yang kurang tepat, atau adanya ketidakcocokan dengan jenis kulit pengguna. Umumnya efek samping yang diberikan dapat berupa iritasi ataupun tanda alergi seperti timbul bentol, terasa perih dan kemerahan.

Terkait dengan keluhan Anda yang memiliki wajah sensitif, memang perlu lebih berhati-hati dalam merawat wajah. Dan untuk penggunaan jeriuk nipis ini perlu terlebih dahulu melalukan tes alergi. Jika terasa perih kemungkinan ada iritasi dan bagian wajah yang umumnya lebih sensitif adalah bagian ujung mata dan daerah pipi bagian atas, di area sisi hidung, ujung-ujung bibir dan di bagian lainnya yang dapat berbeda pada setiap individu.

Apabila pada bagian lainnya dirasakan cocok, hindari bagian yang perih dan bagian lain yang kemungkinan dapat teriritasi juga seperti yang telah dibahas diatas. Untuk mengatasi keadaan iritasi yang telah terjadi Anda dapat menghentikan dulu pemakaian masker jeruk nipis tersebut dan mengoleskan gel lidah buaya atau menggunakan kompres dingin dengna es.

Apabila iritasi berlanjut dan tidak kunjung membaik, segeralah konsultasikan kepada dokter Spesialis Kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit sensitif adalah gangguan kulit yang mudah didiagnosis oleh dokter dan dapat dilakukan perawatan

4 Penyakit Kulit pada Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Ternyata, ada sejumlah penyakit kulit yang biasa dialami pemilik kulit sensitif. Setiap jenis penyakit kulit tersebut membutuhkan langkah perawatan tersendiri. Mulai dari kulit kering, hingga photodermatoses.