Efek samping dari Pemberian susu soya pada bayi laki laki

DA Info Penanya: DA, Wanita, 34 Tahun
Apa kah ada efek samping dari pemberian susu soya pada bayi laki laki...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DA,

Susu soya merupakan salah satu susu pengganti ASI yang dapat diberikan terutama jika anak mengalami alergi terhadap susu ataupun protein sapi. Susu soya sendiri memiliki kandungan nilai nutrisi yang baik dimana dapat dikonsumsi sesuai dengan usia pada kemasan produk. Karena jika usia bayi 0-6 bulan memerlukan produk susu khusus yang membuat lebih mudah dicerna karena organnya belum sempurna.

Jika tidak memiliki alergi, susu soya sendiri tidak memiliki efek samping, untuk itu perhatikan komposisi dari produk susu soya tersebut. Upayakan pilih yang dari kedelai utuh dan bukan susu rendah lemak atau tanpa lemak sama sekali, dan juga pilih yang memiliki atau diperkaya vitamin dan mineral tambahan yang diperlukan selama masa tumbuh kembang.

Jika sudah berusia 6 bulan keatas tentunya perlu diberikan juga makanan pendamping ASI agar memenuhi kebutuhan gizinya. Konsultasikan pada dokter spesialis anak dan ahli gizi apabila pertumbuhan setiap bulannya ataupun bisa melalui program posyandu, untuk memantau tumbuh kembangnya apakah sesuai dengan usianya.

Jika timbul diare, ruam kulit ataupun reaksi alergi susu lainnya periksakan pada dokter agar segera ditangani dan dilaukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DA
18 Feb 2020, 15:21
Lalu apa yg harus saya lakukan jika saya sudah tlanjur mberikan susu soya pada bayi saya..
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Segelas susu hangat berpengaruh membuat pikiran semakin rileks jelang tidur

Mana yang Lebih Baik, Minum Susu Sebelum Tidur atau Pagi Hari?

Hampir setiap orang memiliki ritual favorit sebelum tidur. Bagi sebagian orang, minum susu sebelum tidur bisa jadi lullaby yang menyenangkan.