12 Sep 2021, 17:11Kandungan

Apakah efek minum soda dan herbal saat hamil?

LP
Info Penanya: LP0
Istri saya hamil 5 bulan, namun dia tidak menyadari hal tersebut. Waktu 1 bulan dia sering mengonsumsi minuman bersoda karena minuman kesukaannya dan juga minum kapsul pelancar haid yaitu putri bulan. Namun, tidak terjadi efek samping apapun seperti pendarahan, sakit perut, nyeri atau pusing dan sebagainya, apakah janinnya tidak bermasalah seperti cacat atau meninggal didalam perut istri saya???
60 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, LTerima kasih atas pertanyaannya.Kehamilan awal biasanya ditandai dengan tanda hamil seperti tidak haid, mual, muntah, badan lemas, sakit kepala, nyeri perut, buang air kecil sering tetapi ada pula wanita hamil yang tidak disertai gejala hanya tidak haid jadi seringnya dianggap telat haid biasa.  Konsumsi soda saat hamil sebenarnya tidak ada efek yang berbahaya sekali saat janin sudah terbentuk hanya saja dapat menganggu asupan nutrisi dan juga menggangu penyerapan zat besi sehingga dapat timbul kondisi anemia.  Lalu terkait herbal pelancar haid belum ada penelitian terkait manfaat atau efek samping saat hamil namun ada risiko terjadi perdarahan, sehingga cara amannya memang tidak dikonsumsi saat sudah tahu ada kehamilan.  Jadi untuk memastikan perkembangan janin tentunya hanya bisa dengan melakukan pemeriksaan USG.  Dari pemeriksaan tersebut baru dapat dipastikan apakah terdapat masalah pada janin atau ternyata kondisi janin sangat baik.  Untuk itu sesegera mungkin periksa ke dokter spesialis kandungan. 

Tips agar kehamilan selalu sehat :

  • Perbanyak minum air putih. 
  • Rutin minum vitamin hamil.
  • Kelola stres dan cemas. 
  • Asupan makan terjaga baik dari segi nutrisi dan vitamin.  
  • Hindari kafein yang terdapat pada kopi, teh, dan soda. 
  • Lakukan senam hamil sesuai usia kandungan. 
Dengan melakukan pemeriksaan USG pada minggu ke 20 ini selain evaluasi perkembangan janin, juga sudah dapat diketahui perkiraan jenis kelamin janin.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menjaga kehamilanpemeriksaan kehamilantrimester kedua kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil