02 Jan 2021, 09:55Penyakit Lainnya

Apa saja efek samping BMP untuk anemia hemolitik?

FM
Info Penanya: FM0
Dok saya Pria 37 tahun,, saya di diagnosa kena penyakit anemia hemolitik,,rutin tiap 1 bulan sekali transfusi kadang 7-8 kantong darah buat naikin HB saya,, dan dokter kasih alternatif di rujuk ke RS CIPTO atau FATMAWATI,, tuk di Di BMP,, saya liat ulasan di berbagai artikel,, bilang,, selama 1 bulan gak bisa jalan pasca BMP,,tergantung daya tahan tubuhnya,, malah smpe ada yg 1 tahun,, benar seperti itu dok...? Mohon penjelasannya,, agar saya punya pertimbangan,, untk tindakan BMP tsb..
444 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam FMAnemia hemolitik merupakan kondisi dimaan sel darah merah tidak mencukupi jumlahnya akibat kondisi dari sumsum tulang  yang gagal membentuk sel darah merah atau adanya pemecahan sel darah merah dalam jumlah banyak oleh imun tubuh itu sendiri. Kejadian anemia hemolitik ini cukup jarang terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai hal yaitu:
  • Berbagai kelainan sel darah merah karena genetik atau keturunan 
  • Bahan kimia, racun, atau obat-obat tertentu
  • Infeksi
  • Rekasi terhadap transfusi darah yang berbeda golongan
  • Reaksi transplantasi organ
  • Penyakit autoimun
  • Racun ular
  • Kanker darah
Begitu banyaknya penyebab anemia hemolitik sehingga membutuhkan berbagai pemeriksaan penunjang untuk menentukan penyebab pastinya. Salah satunya adalah dengan metode BMP (Bone Marrow Puncture). Tes ini dilakukan dengan mengeluarkan cairan sumsum tulang melalui bagian tulang yang lunak yang kemudian akan diperiksa dan dihitung jumlah sel daraha merah, sel darah putih dan trombosit. Biasanya BMP akan dilakukan pada tulang-tulang besar seperti tulang dada, pinggul atau tulang dada.Cara pengambilan cairan menggunakan jarum biopsi dan dilakukan desinfeksi pada kulit serta anestesi lokal pada bagian yang akan dilakukan BMP. Kemudian pasien juga akan diberikan obat pembeku darah untuk mencegah perdarahan berlebihan dan obat untuk mencegah serangan jantung dan stroke saat tindakan.Prosedur akan dilakukan secara perlahan dan hati-hati serta pemantauan hingga proses pemulihan dan diberikan obat antinyeri. Efek nyeri atau rasa tidak nyaman pada bagian prosedur BMP bisa kemungkinan bertahan lama. Namun efek setelah prosedur BMP bisa berbeda-beda pada setiap orang dan tergantung dari bagian mana dilakukan prosedur. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam yang bersangkutan sebelum akan melakukan prosedur BMP untuk mengurangi keraguan anda.Semoga bermanfaat. Salam sehatdr. Pany CL
anemiakanker darahpenyakit autoimunanemia hemolitik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil