Efek postinor apa saja?

ED Info Penanya: ED, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanya, saya mens tgl 14. Kemudian saya berhubungan tgl 26, lalu tgl 27 nya saya minum postinor 2 (tablet pertama jam 6 pagi, tablet kedua jam 6 sore). Pertanyaan saya, apakah masih ada kemungkinan saya hamil? Apakah efektifitas postinornya menurun apabila diminum setelah 24 jam setelah berhubungan? Mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ED,

Postinor adalah obat yang digunakan sebagai kontrasepsi darurat bila Anda lupa minum pil KB atau lupa jadwal KB suntik namun berhubungan seksual.

Kontrasepsi darurat ini sebaiknya diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seksual dan sebelum 72 jam. Semakin cepat diminum akan semakin baik untuk mencegah kehamilan. Namun perlu dipahami bahwa obat kontrasepsi darurat ini bukan obat penggugur kandungan.

Obat kontrasepsi darurat ini bekerja untuk mencegah proses pembuahan atau mencegah implantasi janin ke rahim. Bila sudah terjadi pembuahan atau implantasi, maka akan tetap hamil.

Perihal mungkin tidaknya hamil maka tentu saja tetap berpeluang untuk hamil, karena Anda berhubungan seksual di masa subur Anda. Bila diambil rata-rata siklus haid Anda 28 hari, maka masa subur Anda ada di sekitar tanggal 26-30. Jadi peluang untuk hamil tetap ada, terutama bila Anda berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom.

Efek samping pemakaian kontrasepsi darurat ini bisa berupa mual, perdarahan setelah 2-3 hari paska minum obat, sakit kepala, dll.

Saat ini yang bisa Anda lakukan hanya menunggu datangnya haid. Bila Anda terlambat haid, maka lakukan pemeriksaan tes pack 7 hari setelah terlambat haid untuk memastikan Anda sedang hamil atau tidak.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda ragu dengan hasil tes packnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memantau perkembangan janin trimester pertama sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatannya di awal kehamilan

Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Pertama

Kehamilan di masa awal sangat penting dan perlu dipantau. Oleh karena itu, mari cari tahu apa saja tahap perkembangan janin selama trimester pertama, yuk!