07 Dec 2020, 21:31Kulit & Kelamin

Apa efek pemakaian vagistin bagi kehamilan?

A
Info Penanya: A0
Ijin bertanya dok, dalam bulan ini saya sedang proses kehamilan namun sejak kemarin saya keputihan, apakah pemakaian obat vagistin dapat menghambat proses kehamilan? Saya takut keguguran
286 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo A, saya akan membantu menjawab pertanyaan AndaVagistin adalah obat infeksi vagina yang disebabkan oleh bakteri, parasit atau jamur dan disertai keputihan. Vagistin merupakan obat yang digunakan dengan cara memasukkannya kedalam vagina, dan termasuk dalam golongan obat luar (tidak boleh ditelan). Obat jenis ini, relatif aman digunakan karena bersifat lokal, atau hanya beredar diarea tertentu tempat obat digunakan. Dalam kasus ini, obat hanya diserap oleh vagina. Kandungan dalam Vagistin adalah antibiotik metronidazole dan obat jamur nystatin. Kedua obat ini berfungsi untuk menyembuhkan keputihan yang disebabkan bakteri maupun jamur. Namun ada beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan obat ini dan perlu dipahami, beberapa efek samping tersebut antara lain :
  • rasa panas di vagina
  • gatal dan sensasi berpasir pada vagina
  • Sakit perut
  • mual dan muntah
Metronidazole digolongkan dalam kategori B untuk ibu hamil, yang artinya cukup aman untuk janin. Sedangkan nystatin digolongkan dalam kategori A yang berarti aman untuk janin. Meskipun dianggap aman, penggunaan Vagistin harus sesuai anjuran dokter dan hanya boleh digunakan jika mendapatkan resep dari dokter karena mengandung antibiotik.

Salam sehat,
dr. Evelin Kwandang
menjaga kehamilanantibiotikobat bebas terbatas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil