Efek pemakaian smartphone secara berlebihan

IQ Info Penanya: IQ, Pria, 28 Tahun
Jika setiap hari kurang lebih saya memakai smartphone sekitar 2 s/3 jam, apakah mata saya bisa tetap sehat sampai saya tua nanti? Sebab tak dapat dipungkiri, sedikit banyak efek negatif terlalu lama memandang layar smartphone ada terasa. Kira-kira apa saja efek buruk smartphone terhadap mata. Dan solusinya, baik dari segi kebiasaan dan asupan makanan atau minuman?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang  IQ,

Penggunaan ponsel saat ini bisa dibilang merupakan kebutuhan salah satu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Era digitalisasi dan Internet of Things membuat sebagian besar orang menggunakan gawai/gadgetnya selama berjam-jam terutama pada masa pandemi ini.

Dampak negatif handphone

Ada beberapa efek buruk yang bisa timbul akibat penggunaan gawai tersebut diantaranya:

  • Menimbulkan gangguan mata, bisa berupa mata tegang, mata lelah, gangguan refraksi mata, mata kering dan lainnya akibat penggunaan yang terlalu lama
  • Handphone dapat menimbulkan perubahan siklus tidur terutama jika berlebihan menggunakananya di malam hari
  • Menimbulkan masalah pada otot dan sendi seperti pada bahu dan leher jika banyak menunduk, pada jempol dan jari menjadi kaku
  • Dapat menimbulkan masalah psikologis seperti stres, depresi, dan permasalahan lain salah satuya akibat penggunaan ponsel dan sosial media
  • Ponsel juga bisa menjadi salah satu benda yang mengandung banyak bakteri dan virus jika tidak rutin dibersihkan

Untuk mengatasi dan mencegah dampak buruk dari penggunaan ponsel tersebut, perlu melakukan upaya dan pembatasan penggunaan ponsel seperti dengan cara membatasi waktu penggunaan, mengatur pencahayaan ruangan dan juga ponsel, bisa gunakan mode atau tema "dark" atau malam agar mata tidak mudah lelah, beristirahat jika sudah menggunakan gawai dalam waktu tertentu.

Upayakan juga bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti sayur dan buah atau bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin D dan E serta zinc, hindari kebiasaan kurang baik seperti merokok, lindungi mata dari paparan sinar matahari secara langsung seperti menggunakan kacamata hitam, dan lakukan pemeriksaan mata secara berkala terutama jika menggunakan kacamata. Bisa lakukan metode 20-20-20 yaitu setiap penggunaan ponsel selama 20 menit bisa beristirahat selama 20 detik dengan manatap jarak 20 kaki/6 meter untuk mengistirahatkan mata. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengucek mata bisa menjadi salah satu gejala adanya Gangguan mata pada anak

Kenali Ragam Gangguan Mata pada Anak agar Orang Tua Lebih Waspada

Masalah mata dapat mengganggu proses belajar anak. Namun anak sering tidak menyadarinya, jadi penting bagi orangtua untuk mengenali tanda gangguan mata pada anak.