13 Jul 2021, 13:59Perut

Efek Obat Sucralfate apakah bagus untuk gerd?

SF
Info Penanya: SF0
Jadi saya penderita GERD. Sudah 3 hari ini asam lambung saya naik dan saya mengkonsumsi obat sucralfate. Apakah obat sucralfate baik untuk penderita gerd? Jika tidak, obat apa yang bisa saya konsumsi untuk mengurangi sakit gerd saya? Karena sampai sekarang saya kok masih merasa panas dibagian punggung, dada, perut. Kadang-kadang telapak tangan dan kaki terasa dingin atau bagian perut selalu merasa dingin. Kemudian bagian perut kanan saya juga merasa dingin. Terimakasih..
695 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Gastro esofageal refluks disease atau GERD adalah naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. GERD dapat menyebabkan beberapa gejala seperti rasa panas terbakar pada area dada atau sering disebut dengan istilah heart burn. 

Gejala GERD

Selain heart burn, beberapa gejala lain yang dapat terjadi saat gerd adalah
  • Mulut terasa pahit atau asam
  • Mual muntah
  • Tenggorokan mengganjal
  • Sesak atau nyesak
  • Nyeri pada perut hingga perih di uluhati
Sucralfat adalah obat untuk menetralkan asam lambung, namun jika sudah konsumsi obat ini dan keluhan tidak kunjung membaik sebaiknya lakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam agar diberikan pengobatan yang lebih adekuat, selain itu sementara hindari semua makanan yang meningkatkan produksi asam lambung, makan dengan porsi kecil namun sering, atur pola makan dan pola tidur, hindari stres, dan hindari berbaring maupun aktivitas berat segera setelah makan (istirahat dalam posisi duduk terlebih dahulu minimal 30menit).Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambunggerdsakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil