Apa gara-gara efek obat?

TB Info Penanya: TB, Pria, 51 Tahun
saya pria telah berumur 51 tahun mau menanya kenapa kalau makan obat badan atau perasaan bisa tak stabil seperti lemah bigung otot seperti kejang dan pikiran seperti mau lepas kendali dulu tak ada gejala begini apa sebabnya saat ini ada penyakit vertigo kolestrol hepatitis skizoprenia sekarangg telinga terus deging bising tak berani makan obat lagi takut efek obat tolong dibantu dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TB,

Setiap obat pasti memiliki efek samping masing-masing seperti mual, pusing, telinga berdenging, jantung berdebar, dll. Dan reaksi setiap obat berbeda-beda antara 1 orang dengan orang yang lain. Pada usia lanjut, biasanya tubuh lebih sensitif sehingga dosis perlu disesuaikan terlebih bila ada gangguan fungsi ginjal, gangguan jantung, atau adanya pemakaian obat-obat untuk masalah kejiwaan.

Perihal yang Anda rasakan, bisa dari efek samping obat atau adanya gejala-gejala yang muncul akibat pengobatan kejiwaan yang Anda hentikan. Saran saya sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar obat-obat dapat disesuaikan dosisnya dan tidak menimbulkan reaksi silang antar 1 obat dengan obat yang lain.

Selain itu Anda perlu menjaga pola makan Anda dengan menghindari gorengan, dan memperbanyak asupan sayur dan buah, serta usahakan tidur secara teratur, jangan begadang dan tidak mengonsumsi kopi atau alkohol.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gangguan jiwa berupa gangguan kecemasan bisa ditandai dengan sulit tidur

Mengenal Jenis-Jenis Gangguan Jiwa pada Manusia

Gangguan jiwa memiliki banyak jenis, seperti depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, bipolar, gangguan kepribadian, serta gangguan makan. Namun tipe-tipe ini memiliki pengelompokan tersendiri pula.