Efek Makanan Bersantan Pada Kadar Kolesterol

RT Info Penanya: RT, Pria, 41 Tahun
YTH Dokter, saya ingin bertanya mengenai makanan yang mengandung santan. Apakah benar jika mengonsumsi makanan yang bersantan dapat berefek terhadap kadar kolesterol? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak RT

Santan yang diperoleh dari perasan ampas buah kelapa  secara alami memiliki kandungan nutrisi : Kalori, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin A,B1,C

Semua nutrisi ini diperlukan oleh tubuh untuk melakukan fungsinya dengan baik, termasuk lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan dinding sel dalam tubuh. Menurut penelitian, setiap gram santan kelapa mengandung  sekitar 18,5 mg kolesterol (lemak). Sedangkan kebutuhan tubuh orang dewasa akan lemak dalam sehari dari makanan adalah 10 % sampai 25 % dari jumlah total Kalori yang dibutuhkan dalam sehari. Secara sederhana dapat disamakan dengan 1 sendok makan santan kelapa.

Jadi bila makanan yang kita makan terlalu banyak mengandung lemak, seperti makan makanan bersantan yang berlebihan maka akan terjadi kelebihan lemak dalam tubuh. Kelebihan lemak ini akan dipakai sebagai cadangan energi dan disimpan dalam tubuh sebagai lemak dan dalam waktu lama akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti terjadinya kegemukan, obesitas, dan naiknya kadar lemak dalam darah (kolesterol).

Maka secara bijaksana, untuk apapun yang dimakan sebaiknya selalu dalam batas normal dan tidak berlebihan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pola makanan untuk penderita asam lambung naik perlu diperhatikan agar bisa mencegah GERD

Cegah GERD dengan Makanan untuk Penderita Asam Lambung Naik

Penderita penyakit asam lambung naik atau GERD sebaiknya mengonsumsi jenis makanan yang bisa membantu dalam mengendalikan produksi asam di lambung. Deretan makanan untuk penderita asam lambung naik bisa meliputi putih telur, jahe, sayuran, dan banyak lagi.