Efek lepas KB spiral terhadap kehamilan

MS Info Penanya: MS, Pria, 33 Tahun
Sore, Dok, saya sudah menikah 8 tahun, saya juga sudah punya anak usia 8 tahun. Nah, waktu pertama kali lahiran itu istri saya pasang KB spiral, tapi sudah 3 tahun terakhir ini dilepas. Tapi, Dok, kenapa istri saya belum hamil lagi? Adakah hubungannya dengan pemasangan KB spiral yang pertama? Terima kasih, Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak MS,

Penggunaan KB tidak memengaruhi tingkat kesuburan pada wanita. Sehingga hampir dapat dipastikan bahwa pemakaian KB sprial bukanlah faktor yang menyebabkan istri bapak hingga saat ini belum kembali hamil. 

Hamil tidaknya seorang wanita dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari sisi pria maupun wanita. Sehingga, selain memastikan kondisi Ibu, Bapak dan pasangan juga harus memastikan sperma yang di produksi dalam kondisi sehat dan dapat membuahi sel telur yang sehat dan berkualitas baik.

KB spiral (IUD) mengandung tembaga maupun hormon yang efeknya akan hilang apabila KB tersebut dilepas sehingga kondisi kesuburan Ibu akan kembali seperti semula. Waktu yang diperluka untuk proses ini adalah 6 hingga 18 bulan. Setelah itu, siklus menstruasi akan kembali normal, dan hanya sedikit kasus yang tercatat tentang siklus menstruasi tidak kembali normal setelah lepas KB.

Apabila KB telah dilepas sejak tiga tahun lalu dan istri Bapak belum juga hamil, maka sebaiknya Ibu dan Bapak segera mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (SpOG) untuk berkonsultasi lebih lanjut. Konsultasi dan pemeriksaan harus dilakukan terhadap Bapak dan Ibu, tidak hanya Ibu untuk memastikan penyebab Ibu belum hamil dan perencanaan terhadap kehamilan yang sehat selanjutnya.

Dalam pemeriksaannya, dokter umumnya akan melakukan anamnesis (wawancara), pemeriksaan fisik kemudian melakukan pemeriksaan tes diagnosa berupa USG atau pemeriksaan laboratorium. Setelah ditemukan kondisi yang menyebabkan terhambatnya kehamilan, maka pengobatan dan penanganan selanjutnya akan disesuaikan. 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.