Apakah pinggang sakit adalah efek kb suntik?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 1 Tahun
Dok mau tanya saya tgl 21 April jadwal suntik KB dan saya suntik tp haid saya keluar dan pinggang saya sangat sakit kenapa ya dok maaf nganggu waktu ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AM,

Sakit pinggang adalah keluhan yang bisa dirasakan karena beberapa penyebab sakit pinggang seperti aktivitas fisik harian, postur tubuh yang kurang baik saat beraktivitas ataupun saat tidur, adanya gangguan otot, gangguan tulang belakang ataupun gangguan saraf dan organ lain seperti misalnya masalah saluran kemih ataupun gangguan ginjal.

KB suntik sendiri dapat menimbulkan sejumlah efek samping tetapi nyeri pinggang buka merupakan salah satu efek samping yang sering timbul. Untuk itu dapat dilakukan beberapa cara untuk membantu meredakan sakit pinggang seperti:

  • Memperbaiki postur tubuh saat beraktivitas ataupun memperbaiki posisi saat tidur
  • Melakukan gerakan peregangan teratur jika banyak beraktivitas ataupun jika terlalu lama diam dalam satu posisi
  • Mengompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin dan hangat
  • Mandi air hangat untuk merelaksasi otot
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol
  • Mengonsumsi beberapa bahan alami seperti dedalu, kunyit, cengkeh dengan cara direbus dan dibuat menjadi minuman ataupun dijadikan olesan pada area yang nyeri

Apabila keluhan tidak juga membaik, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter atau dokter saraf, dimana akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang perlu dilakukan untuk mengetahui penyebabnya dan dilakukan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

KB suntik termasuk alat kontrasepsi yang efektif, tapi tetap bisa memicu efek sampingseperti perut kembung

KB Suntik, Apa Sajakah Kelebihan dan Kekurangannya?

KB suntik adalah salah satu metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Seperti alat penunda kehamilan lainnya, alat KB ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apa saja yang perlu Anda perhatikan?