Efek samping kb implant

NK Info Penanya: NK
Hallo dok .. Saya mau tanya.. Saya sdh memakai kb implant 2 thn dan selama ini menstruasi sebulan kadang 2 kali kdg 3 kali.. Gangnya hanya seminggu sdh menstruasi lgi.. Dan jika mens pasti lemes .. Apakah itu wajar jika sdh 2 thn .. Apakah jg akibat kelelahan .. Terimakasih mhon jwaban nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NK.

KB implan adalah salah satu jenis kontrasepsi hormonal, khususnya berisi hormon progesteron yang cara kerjanya yaitu mempersulit masuknya sperma dengan menebalkan lendir di leher rahim, serta mencegah pelepasan sel telur dari indung telurnya sehingga kemungkinan pertemuan sperma dan sel telur menjadi sangat kecil. KB implan umumnya dipasangkan di bagian kulit lengan atas dan disebut juga dengan KB susuk.

Kendati tingkat keberhasilannya tinggi, seperti jenis KB hormonal lainnya, KB implan juga memiliki efek samping yang meliputi :

  • gangguan siklus menstruasi
  • kenaikan berat badan
  • sensasi nyeri pada lokasi pemasakan KB
  • efek penyeimbangan hormon yang dapat memakan waktu cukup lama setelah pelepasan KB

Terkait dengan keluhan Anda, siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur memang dapat merupakan efek samping penggunaan KB implan. Namun, jika menstruasi yang dialami menjadi terlalu sering dan dengan intensitas yang berlebih, mungkin sudah jatuh pada kondisi menometroragia atau gangguaan siklus perdarahan rahim yang berlebih, tidak teratur, sering dan berkepanjangan.

Ada baiknya untuk memeriksakan diri secara langsung pada dokter Spesialis Kandungan untuk menangani kondisi Anda. Dokter Kandungan pun mungkin akan mengevaluasi kembali  penggunaan kontrasepsi pada Anda dan menyarankan metode yang terbaik.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mempercepat haid dapat dilakukan dengan mengonsumsi pil kontrasepsi

Telat Datang Bulan? Coba 12 Cara Mempercepat Haid Berikut Ini

Cara mempercepat haid dengan aman dan alami dapat Anda lakukan sendiri dari rumah. Salah satunya dengan mengonsumsi alat kontrasepsi hormonal dan vitamin c.