09 May 2020, 04:36Kandungan

Apa efek samping suntik divalin untuk mioma?

DH
Info Penanya: DH, Wanita, 41 Tahun
Umur 41th. Siklus mens teratur 28 hari tdk ada keluhan saat mens. 2 bln ini suntik divalin krn ada miom 2cm.Bulan ini telat mens 22hari. Sdh testpack negatif.Apa pengaruh suntik ?
9460 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang DH,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Mioma termasuk jenis tumor yang tumbuh di bagian rahim, meskipun tidak bersifat ganas (kanker) adanya mioma dapat menimbulkan berbagai gejala seperti masa menstruasi yang panjang dan rasa nyeri hebat, menjadi sering buang air kecil (karena kandung kemih tertekan oleh ukuran miom yang semakin besar).Timbulnya mioma dikaitkan dengan kadar hormon reproduksi yang disebut estrogen, biasanya kadar estrogen ini akan naik-turun seiring siklus haid. Pemberian divalin (zat aktifnya leprorelin acetate) merupakan salah satu terapi hormonal yang merupakan salah satu alternatif pengobatan mioma.Pada umumnya saat menjalani terapi dengan divalin maka kadar hormon tertentu akan menurun jumlahnya, sehingga hormon yang mencetuskan terjadi haid juga ikut turun, sehingga akhirnya orang tersebut tidak mengalami haid. Namun efek yang ditimbulkan pada setiap orang berbeda beda.Anda tidak perlu khawatir jika setelah menggunakan obat tersebut haid Anda menjadi berhenti atau tidak teratur. Jangan lupa untuk kontrol teratur ke dokter kandungan untuk mengevaluasi mioma Anda. Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
mioma uterihormonmioma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil