Efek dari KB Suntik? Payudara nyeri, demam dan pegal-pegal

N Info Penanya: N, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau bertanya . saya ibu usia 24tahun mempunyai anak satu ,usia mau jalan 11 bulan . saya sudah pake KB Suntik selama 1tahun ini . waktu awal pake biasa aja tidak ada gejala .tp nyampe kesini gejalanya banyak dok .saya sering pusing .demam. pegal pegal. Payudara saya nyeri . dan sempat kaki betis kanan saya merasa panas dokter . Kira kira dikarenakan penyebabnya apa dokter . Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N

KB suntik termasuk kedalam KB bentuk hormonal. Selain bentuk suntik, ada yang dalam bentuk pil dan susuk. Tujuannya adalah mengeluarkan hormon yang mencegah dilepasnya sel telur (ovum) ke dalam rahim. Sehingga tidak bisa dibuahi oleh sperma.

Efek samping penggunaan KB hormonal adalah sakit kepala, bertambahnya berat badan, gangguan perut dan termasuk juga gejala PMS seperti payudara bengkak. Penggunaan jangka panjang dapat mempengaruhi kepadatan tulang.

Bila sudah timbul efek samping yang tidak diinginkan. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk menentukan metode kontrasepsi yang sesuai untuk anda.

Salam sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.