22 Sep 2020, 22:24Kandungan

Efek dari KB Implan?

AH
Info Penanya: AH0
Hallo dok...sya sudah pasang KB Implan 3 minggu yg lalu terus berhubungan sama suami...setelah pemasangan belum haid...tadi pagi keluar darah hanya sedikit saja...apakah itu bisa hamil dok?Terima kasih?
676 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore AH,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.KB Implan merupakan alat kontrasepsi yang berisi hormon berbentuk tabung yang akan dimasukan ke dalam tangan (lengan atas). KB Implan ini bisa bertahan di dalam tubuh hingga 3-4 tahun. Cara kerjanya adalah untuk mencegah ovulasi (pelepasan sel telur ke dalam rahim), efek lainnya mengentalkan lendir di sekitar rahim untuk mencegah sperma masuk, efek lainnya adalah menipiskan dinding rahim sehingga jika ada sperma yang berhasil masuk dan berhasil membuahi sel telur akan kesulitan untuk menempel ke dinding rahim.

Efek samping yang dapat muncul pada tubuh :

  • Menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali
  • Perdarahan yang keluar lebih banyak atau tidak keluar sama sekali
  • Berat badan bertambah
  • Wajah berjerawat
  • Nyeri payudara
  • Nyeri atau infeksi di bekas implan
Berdasarkan keterangan yang Anda berikan kemungkinan Anda mengalami efek sampng dari KB Implan yang Anda lakukan, namun jika Anda merasa khawatir karena terjadinya kehamilan. Anda bisa lakukan pemeriksaan testpack untuk memastikannya. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan.Semoga informasi yang diberikan bermafaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil