efek berhenti suntik KB 3 bulan seperti apa?

JJ Info Penanya: JJ, Wanita, 32 Tahun
hallo dok saya br berhenti kb 3 bln tp bulan pertama saya berhenti kb datang bulan satu bulan 2× terus bln kedua udah 7 hr belun berhenti ap itu wajar dok trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore JJ,

Kontrasepsi adalah metode yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Sering kali metode kontrasepsi yang digunakan adalah metode hormonal seperti salah satunya KB suntik.

Apabila berhenti melakukan pemberian suntikan KB maka masih memerlukan waktu untuk tubuh kembali beradaptasi, tidak jarang perubahan hormonal ini yang bisa menimbulkan sejumlah gejala atau efek seperti:

  • Gangguan menstruasi seperti perdarahan menstruasi yang tidak normal, tidak menstruasi dalam waktu lama, perdarahan diluar masa menstruasi
  • Payudara yang terasa nyeri atau terasa lebih sensitif
  • Pertambahan berat badan
  • Pengeroposan tulang
  • Berpengaruh pada kesuburan

Untuk itu apabila ada perdarahan menstruasi lebih dari 7 hari bisa dikategorikan sebagai perdarahan menstruasi yang berlebih atau disebut dengan menorrhagia.

Untuk mengatasinya perlu diberikan obat penghenti perdarahan baik yang hormonal ataupun non-hormonal, jadi periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika perdarahan berlebih. 

Jika dibiarkan, bisa memicu terjadinya anemia dan menimbulkan gejala yang bisa mengganggu keseharian mulai dari lemas, pucat, pusing, terasa lemah sampai bisa pingsan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pergeseran posisi merupakan salah satu efek samping IUD yang mungkin terjadi

Efek Samping IUD, Pertimbangkan Sebelum Memilihnya

Sama seperti alat kontrasepsi lain, IUD atau KB spiral dapat menyebabkan sejumlah efek samping pada penggunanya. Salah satunya adalah posisi IUD bisa bergeser dari tempatnya semula. Kira-kira apa penyebabnya?