06 Sep 2021, 17:31Perut

Apakah BAB cair merupakan salah satu efek samping minum susu soya ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dokter, anak saya batuk tidak kunjung sembuh dan disarankan untuk mengganti susunya dengan susu jenis soya. Namun, semenjak mengonsumsi susu soya, BAB anak saya menjadi lebih cair dari yang biasanya. Apakah ini salah satu efek bayi minum susu soya?
384 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Sl.Susu soya adalah salah satu jenis susu yang diberikan orangtua pada anak terutama anak dengan riwayat alergi susu sapi. Susu soya atau susu kedelai mengandung protein, vitamin A, vitamin B, kalium, DHA, omega 3, omega 6 dan asam amino. Meskipun mengandung banyak nutrisi, susu soya tidak dapat mengalahkan nutrisi lengkap yang ada pada ASI.

Apa efek samping minum susu soya ?

Anak Anda batuk tidak kunjung sembuh dan disarankan untuk mengganti susunya dengan susu jenis soya. Namun, semenjak mengonsumsi susu soya, BAB anak Anda menjadi lebih cair dari yang biasanya, ini dapat merupakan salah satu efek bayi minum susu soya.Selain BAB lebih cair, beberapa efek samping minum susu soya yang dapat terjadi antara lain :
  • Timbul reaksi alergi terhadap kedelai.
  • Gula tambahan di dalam susu soya dapat merusak gigi bayi.
  • Menyebabkan hipotiroid.
  • Memicu pubertas dini.
Untuk mencegah terjadinya efek samping minum susu soya, sebaiknya Anda memberikan ASI kepada bayi, tidak memberikan susu soya berlebihan, cukupi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi sesuai usia.Jika BAB cair pada bayi terjadi terus menerus, bayi lemas, tidak mau makan dan minum, segera bawa bayi konsultasi ke dokter spesialis anak.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
alergi susususu formulasusu kedelai
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil